PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Rizqi Esa Nurkhafid, Anita Chandra Sagala, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencapai yang di inginkan dalam penelitian adalah peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II SD melalui media pembelajaran berbentuk video animasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Media video animasi dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 64%, validasi ahli materi sebesar 88%. Media pembelajaran video animasi juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 90% dan dari tanggapan siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Dari nilai pre-test 58 dan post-test 88 dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa di katakana meningkat setelah menggunakan media video animiasi pembelajaran.

References


Adi Pratomo dan Agus Irawan, 2015. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck, Jurnal POSITIF, Tahun I, No. 1

Hasanah, U. Dan L. Nulhakim. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 1, No. 1, 91-106.

L. Maure, Y., D. Djong, K., & B. N. Dosinaeng, W. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA Pada Materi Program Linear. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i1.500

Marisya, A & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai. (4)(3): 2189-2198

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Yuli Amreta, Midya, Firda Zakiyatur Rofi’ah, dan Alfina Luk Luul Markhamah. ―Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD.‖ Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol. 10, No. 1 (2023): 207.

Afikah, A., Astuti, S. R. D., Suyanta, S., Jumadi, J., & Rohaeti, E. (2022). Mobile learning in science education to improve higher-order thinking skills (HOTS) and communication skills: A systematic review. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 13(7).

Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA AR Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241-249.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.