IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI KELAS 4 SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN GROBOGAN
Abstract
Konteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian ini adalah implementasi Pembelajaran berdiferensiasi merupakan bagian dari program Sekolah Penggerak, salah satu program yang mendukung tercapainya kebebasan belajar (Kurikulum Merdeka). Program tersebut menitik beratkan pada pengembangan hasil belajar siswa secara menyeluruh melalui perwujudan Profil Pelajar Pancasila yang memuat kompetensi dan karakter dimulai dari sumber daya manusia (kepala sekolah dan guru) yang berkualitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi kelas 4 sekolah dasar di Kabupaten Grobogan? (2) Apa saja Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi kelas 4 sekolah dasar di Kabupaten Grobogan? (3) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi kelas 4 sekolah dasar di Kabupaten Grobogan? Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian pada penelitian survei ini menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pembelajaran diferensiasi kelas 4 sekolah dasar di Kabupaten Grobogan dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi kelas 4 sekolah dasar di Kabupaten Grobogan. Hasil survei menemukan bahwa 3 dari 5 sekolah pada dasarnya telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik, baik dari segi tahapan pelaksanaan maupun status pelaksanaan. Sementara itu, kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi adalah keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi.
Kata Kunci:: Implementasi, Pembelajaran Diferensiasi, Kabupaten Grobogan, Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka.
Full Text:
PDF 58-68 (Bahasa Indonesia)References
Breaux, Elizabeth & magee, Monique B. (2013). How the best teachers differentiate instruction. NY: Routledge.
Gramedia Blog. (2021). Strategi Diferensiasi: Pengertian, Aspek, dan Jenisnya. (Diakses pada 27 April 2023 pukul 20.53 WIB).
Hayuningtyas, Dyah Roesma. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. (Diakses pada 11 April 2023 pukul 12.06 WIB).
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2022). Merdeka Belajar, Ikhtiar Memperkuat Pilar Pendidikan. (Diakses pada 11 April 2023 pukul 12.43 WIB).
Khatimah, Ayudha Khusnul. (2021). Analisis Pemberdayaan Dana ZIS di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada BAZNAS Jepara). (Undergraduate thesis, IAIN KUDUS). (Diakses pada 20 Juli 2023 pukul 02.30 WIB).
Kurniawan, Andre. (2022). Tujuan Sekolah Penggerak beserta Manfaat dan Syarat untuk Mendaftar. (Diakses pada 11 April 2023 pukul 12.48).
Marlina, dkk. (2019). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. (Laporan Akhir, Universitas Negeri Padang). (Diakses pada 5 September 2023 pukul 00.33 WIB).
Purba, Mariati dkk. (2021). MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (DIFFERENTIATED INSTRUCTION) PADA KURIKULUM FLEKSIBEL SEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR DI SMPN 20 TANGERANG SELATAN. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Purba, Mariati dkk. (2021). NASKAH AKADEMIK PRINSIP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (DIFFERENTIATED INSTRUCTION) PADA KURIKULUM FLEKSIBEL SEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Rosa, Nikita. (2023). Apa Itu Diferensiasi Sosial? Ini Pengertian beserta Ciri-ciri dan Bentuknya. (Dikses pada 9 Mei 2023 pukul 13.49 WIB).
Sugianto. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: ANTARA MANFAAT DAN TANTANGANNYA. (Diases pada 31 Juli 2023 pukul 20.50 WIB).
Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. VA: ASCD.
Utari, Pebriani & Jalu Abdi. (2021). MERDEKA BELAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. (Diakses pada 11 April 2023 pukul 12.20 WIB).
Wahyuningsih, Indah Putri dkk. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTU MEDIA PAPAN PUTAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN TEMATIK. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. 2(2), 155-161.
Windarti, Yuyun dkk. (2021). PENGEMBANGAN MEDPEN BARETA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. (Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2021). (Diakses pada 27 April 2023 pukul 20.35 WIB).
Wulandari, Sintia Ade. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(3), 682-689.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17969
Refbacks
- There are currently no refbacks.