PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BELAJAR AJAIB (KOJA) PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI

pravita hasna nabila, Ikha Listyarini, Suyitno Suyitno

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya pengetahuan peserta didik mengenai keragaman buday Indonesia, proses pembelajaran guru menggunakan media yang terbatas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Kotak Belajar Ajaib (Koja) pada materi Keragaman Budaya Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri. Mengetahui keefektifan media Kotak Belajar Ajaib (Koja) pada materi Keragaman Budaya Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri. Mengetahui kelayakan media Kotak Belajar Ajaib (Koja) pada materi Keragaman Budaya Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Mojorebo pada siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Mojorejo sejumlah 25 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Mojorejo sejumlah 16 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kotak Belajar Ajaib (KOJA) mata pelajaran IPAS dikembangkan untuk materi keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Produk dikembangkan secara menarik, interaktif, dan disesuikan dengan kebutuhan peserta didik kelas V SD Negeri 3 Mojorebo. Penggunaan media Kotak Belajar Ajaib (KOJA) mata pelajaran IPAS efektif untuk digunakan dalam menstimulasi kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis materi keberagaman budaya Indonesia. Ditunjukkan pada output SPSS, terlihat bahwa Asymp. Sig. (2- tailed) atau nilai probabilitas uji T-Test bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata antara data pretest dan posttest. Ketuntasan KKM hasil posttest secara keseluruhan mencapai 100%. Produk Kotak Belajar Ajaib (KOJA) mata pelajaran IPAS sangat layak berdasarkan hasil tanggapan peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,5%.
Kata Kunci: Research and Development (R&D), Keragaman, IPAS


References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Atmojo, W. T., Nurwidya, F. F., & Dazki, E. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Seminar Nasional APTIKOM, 126–134.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Hasanah, U., Muhlis, M., & Bahri, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Sape. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 57–64. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1081

Herawati, Daulae T. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Paedagogik, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778

Listyarini, I., Ulumuddin, A., Basyar, M. A. K., & Saputra, H. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Majalah Melalui Aplikasi Anyflip Di Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 2(2), 651–662. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12327

Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.

Ngatmini, & Suyitno. (2020). Eksplorasi Pembelajaran HOTS dan TPACK Mahasiswa PPG Program Studi Bahasa Indonesia UPGRIS: Sebuah Inovasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-43, 5(3), 248–253.

Nurlaelah, N., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pop Up Untuk Mingkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas Viii Smpn 19 Mataram. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.895

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Rauzatun, Adrami. (2020). pengaruh media kotak ajaib terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA negeri 1 padang tiji kabupaten pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 1, 12–13.

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Salama, P., & Kadir, H. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 3(1), 91–99. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 04(01), 99–107.

Sudjana. (2015). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarwiti, C., & Wijayanti, A. (2018). Pengembangan Media Kotak Ajaib Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 2(4), 308. https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10678

Wahid, N., & Inayati, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kobela ( Kotak Belajar Ajaib ) Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sibyan Sukosari Gondanglegi. 1, 346–350.

Wiyono1, K. E., Debora Natalia Sudjito1, & Rondonuwu2*, F. S. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Fisika (Domika) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Kinematika Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.