PENGEMBANGAN METODE STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran storytelling berbantuan media hand puppet terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II sekolah dasar dan mengetahui keberterimaan metode storytelling berbantuan media hand puppet terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SD Semesta Semarang dengan jumlah 18 siswa. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan prosedur pengembangan ADDIE. Metode pembelajaran storytelling berbantuan media hand puppet merupakan metode pembelajaran bercerita yang dikembangkan dengan pendekatan inquiry based learning dan menggunakan hand puppet sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara siswa, keberterimaan metode pembelajaran storytelling berbantuan media hand puppet dikatakan sebagai metode dalam kategori “sangat layak” digunakan untuk melatih keterampilan berbicara dilihat dari hasil respon guru dengan rata-rata 91% dan respon siswa mencapai rata-rata 94%. Hal ini juga didukung dengan kevalidan yang dilakukan oleh ahli media mencapai rata-rata 86,8% dan oleh ahli materi rata-rata sebesar 90%, metode pembelajaran storytelling berbantuan media hand puppet dapat melatih keterampilan berbicara siswa kelas II sekolah dasar berdasarkan hasil angket observasi yang dibuat sesuai dengan aspek penilaian indikator keterampilan berbicara dengan perolehan nilai rata-rata 92%.
Full Text:
PDF 83-93 (Bahasa Indonesia)References
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Gallas, Dr. K. (1995). Talking Their Way Into Science. Teacher College Press.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH; 089621424412.
Maharani, A. K., Mudzanatun, & Nuvitalia, D. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Reading Aloud Dengan Media Cerita Bergambar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(2), 75–84.
Marthiasari, S., Hendracipta, N., & Yuliana, R. (2020). DEVELOPMENT OF HAND PUPPET ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH ROLE PLAYING LEARNING. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 571. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7991
Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016).Analisis Kebutuhan Alat Peraga dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60-65.
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
St. Louis, A. T., Thompson, P., Sulak, T. N., Harvill, M. L., & Moore, M. E. (2021). Infusing 21st Century Skill Development into the Undergraduate Curriculum: The Formation of the iBEARS Network. Journal of Microbiology & Biology Education, 22(2), e00180-21. https://doi.org/10.1128/jmbe.00180-21
Shihabuddin, H. (2009). Evaluasi pengajaran bahasa Indonesia. UPI.
Syamsuardi, Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani. (2022). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 163- 172.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.
Wahidah, St. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD INP Tanetea kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18064
Refbacks
- There are currently no refbacks.