ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SDN KARANGTEMPEL

Umi Kultsum, Eka Sari Setianingsih, Sunan Baedowi

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut masih tergolong rendah dalam hal membaca dan menulis dibanding dengan siswa pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus?, 2) Bagaimana kemampuan literasi pada anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus, dan untuk mengetahui kemampuan literasi pada anak berkebutuhan khusus di kelasm rendah SDN Karangtempel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel tahun 2022/2023. Pemgumpulan data dalam penelitianini diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kemampuan literasi anak berkebutuhan khusus di kelas rendah SDN Karangtempel belum terdapat tiga bentuk kemampuan yaitu, 1) Membaca,m 2) Menulis, dan 3) Mengarsipkan dalam pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus maupun peserta didik.

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298

Denisrum, R. D. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Lisinus, Rafael dan Sembiring, Pastiria. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseking). Yayasan Kita Menulis

Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Santosa, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Sikap Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 91. https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103

Setianingsih, E. S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Islam Di Kelas Inklusi. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(2), 1–24. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.3201

slamet Bambang Riono, M. S. dan S. N. U. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syntax Idea, 2(4), 138-147. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i4.190

Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., … Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.