ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENISIASI DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS I SD NEGERI 2 JLADRI

Azkas Syifa Usaita, Prasena Arisyanto, Intan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas I Kurikulum merdeka di SD Negeri 2 Jladri, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas I SD Negeri 2 Jladri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Jladri pada bulan Oktober 2023. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas I dan Siswa Kelas I. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan data berupa data deskriptif seperti tulisan, perkataan, dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) proses pembelajaran berdiferresnisasi pada mata pelajaran PPKn berjalan dengan lancar dan baik guru dan siswa dalam pembelajaran menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mencapai tujuan pembelajaran PPKn, 2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PPKn yaitu minat belajar dan cara belajar siswa menjadi salah satu factor pendukung, selanjutnya faktor yang menghambat adalah materi, sarana, dan prasarana yang masih kurang memadai.

Pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn)


References


Amini, A., Manangsang, A., Wahyudin, A., & Susanti, E. (2023). ''Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang Pada Mata Pelajaran Ppkn. ''3, 6136–6145.

Di, K., & Kalisat, S. (2023). ''Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.'' Vi(1), 64–73.

Pelajaran, M. T., Pelajaran, M. T., & Kunci, K. (2021). ''Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas Ixb Semester Genap Smpn 4 Monta Tahun Pelajaran.'' 2020 / 2021. 1, 80–94.

Pkn, P., Vi, K., Negeri, S. D., & Rokhmah, S. (2022). ''Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran.'' 1. 6, 1–10.

Wahyuni, A. S., & Ganesha, U. P. (2022). Jurnal Pendidikan Mipa. 12, 118–126.

Wandri Ramadhan, Fitria Rifana, R. M. (2023). ''Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Sekolah Dasar,'' Volume 32(01), 1–14. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Sd/Article/View/31615

Yuliani Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Prespektif Bimbingan Dan Konseling. 83–91.

Yusanto, Y. (2019). ''Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif.'' Vol 1(1), 1–




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.