Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VA SD Negeri Jragung 1 Kabupaten Demak

Ismawadah Ismawadah, Veryliana Purnamasari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi yang baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kalas VA SD dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai kriteria penilaian yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Miles and Huberman dalam Sugiyono dengan analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan siswa kelas VA SD Negeri Jragung I Kabupaten Demak dalam menulis karangan deskripsi dengan tema teman sebangku. Kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi pada kriteria isi gagasan, pilihan kata atau diksi, penggunaan ejaan, dan kerapian tulisan. Pada isi gagasan diperoleh presentase 48,75% dengan katagori kurang baik, pilihan kata atau diksi sebesar 70% dengan katagori cukup, penggunaan ejaan sebesar 55% dengan katagori kurang baik, dan kerapian tulisan sebesar 66,25% dengan katagori cukup. Penyebab kesulitan menulis karangan deskripsi siswa adalah 1) kurangnya pengetahuan tentang penulisan yang benar, 2) kurangnya minat dan motivasi dalam menulis karangan, 3) kurang lancar mengeluarkan ide-ide menggunakan Bahasa Indonesia.


References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa Berbasisi Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Dalman. (2018). Ketrampilan Menulis. Depok : Rajawali Pers.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten : Penerbit Lakeisha.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 190–204. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Khotimah, H., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kesulitan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 491–500. https://core.ac.uk/download/pdf/289793331.pdf

Mulyati, S., Hidayat, E., & Rahayu, P. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 387–395. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembeljaran Bahasa Indonesia Berbasisis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekoah Dasar. Fondatia, 4(2), 245–258. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.897

Tarigan, H. G. (2008). Menulis : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Zaenudin. (2015). Pembelajaran Mengarang Deskripsi di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.