Modul Ajar IPAS Berbasis STEM Materi Ekosistem untuk Mewujudkan Keterampilan Proses Sains Siswa Fase C Sekolah Dasar

Retno Mellani Saputri, Siti Patonah, Sukamto Sukamto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar IPAS berbasis STEM materi ekosistem untuk mewujudkan keterampilan proses sains siswa fase C sekolah dasar, dalam hal untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Delopment (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Validasi modul ajar menggunakan Indeks Aiken dan analisis RASCH Model menggunakan aplikasi SPSS. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data validasi ahli menunjukan bahwa modul ajar IPAS yang dikembangkan memenuhi kreteria sangat valid dengan rentang 0,78 s.d. 0,82 dapat menunjukkan tingkat sedang sampai tinggi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil angket validasi I sebesar 80% dan validasi II sebesar 95% dari validator materi, media dan bahasa, angket respon guru sebesar 96% dan angket respon siswa sebesar 86%. Setelah perangkat ajar divalidasi kemudian diujicobakan siswa fase C kelas VD SDN Mranggen 2 bahwa hasil nilai belajar diketahui nilai rata-ratanya yaitu 49,79 hasil nilai pretest dan 69,17 hasil posttet dengan nilai terendah pretest 20 dan tertinggi 80, untuk hasil posttest nilai terendah 35 dan tertinggi 90. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar IPAS berbasis STEM materi ekosistem untuk mewujudkan keterampilan proses sains dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif digunakan pada fase C sekolah dasar.


References


Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku saku digital berbasis STEM: Pengembangan media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.

Cahyono, A. H., Ibrahim, M., & Suprapto, N. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(2), 420-426.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP/MTs Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E- Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170.

Hernayati, H., Atikah, R., Prihatin, R. T., & Misbah, J. (2021). Pengembangan e-modul tema ekosistem kelas V SDN 2 Sindangsari Leuwigoong. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Ibrahim, E., & Senoaji, W. (2022). Keanekaragaman Hama dan Musuh Alami pada Ekosistem Sawah Tanpa Aplikasi Pestisida. National Multidisciplinary Sciences, 1(2), 145–

https://doi.org/10.32528/nms.v1i2.71

Ilmi, SA, Ratnawati, R., & Subhan, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 5976-5983.

Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). ANALISIS HASIL ASEMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI DASAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI

SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450-4458.

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi pembelajaran IPA berbasis STEM berbantuan ICT untuk meningkatkan keterampilan abad. Sainsmat:Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28-35.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa . Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91.

Rahayu, E., Akib, I., & Rukli, R. (2023). Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Vlog di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2648-2654.

Rahmat, A. A., Hamdu, G., & Nur'aeni, E. (2020). Pengembangan Soal Tes Tertulis Berbasis STEM Dengan Pemodelan Rasch Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(1).

Rusminati, S. H., & Juniarso, T. (2023). Studi Literatur: STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10722-10727.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). Pentingnya LKPD Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Materi Ekosistem Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96.https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.3 0530

Valen, A., Andita, C. D., & Maharani, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tema V Ekosistem Berorientasi HOTS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 249-256.

Waryanti, S. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ipa Tema 5 Ekosistem Kelas 5 SDN Mentasan 02 Tahun 2020. Educatif Journal of Education Research, 3(3), 103-107.

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi pembelajaran STEM pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal on Education, 5(4), 11385-11396.

Yulianto, F., Patonah, S., & Sukamto, S. (2022). INSTRUMEN AWAL IPA SD BERBASIS

STEM PADA MATERI EKOSISTEM SISWA FASE C. Jurnal Pendidikan Dasar, 13 (2), 190-203.

Patonah, S., Rahardjo, S. B., Cari, & Sajidan. (2020). Developing critical thinking skills assessment for pre- service elementary school teacher about the basic concept of science: Validity and reliability. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1567/2/022064

Patonah, S., Sajidan, Cari, & Rahardjo, S.B. (2021). The effectiveness of STLC (science technology learning cycle) to empowering critical thinking skills. International Journal of Instruction, 14(3), 39–58.https://doi.org/10.29333/iji.2021.143 3

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.