Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar dan kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran. Kebutuhan guru dalam media pembelajaran berbasis teknologi. Belum pernah dikembangkannya media pembelajaran berbasis android. Kurang nya keterlibatan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran. Adapun tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah 1) mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran CUMIK berbasis android yang mengintepretasikan profil pelajar pancasila yang valid terhadap pembelajran siswa 2) mengetahui respon guru dan siswa dalam mengembangkan media pembelajaran CUMIK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkana observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini guru kelas III dan siswa kelas III SD N 2 Penadaran. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Produk media pembelajaran CUMIK berbasis android 2) kevalidatan media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media pembelajaran 3) respon guru terhadapa media pembelajaran dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat di sampaikan 1) media pembelajaran CUMIK berbasis android dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dan siswa 2. Media pembelajaran CUMIK berbasis android dapat menjadi salah satu media pembelajaran terbarukan.
Keywords
CUMIK, Media Pembelajaran.
References
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., Rahayu, R., Fisika, J. P., Raden, U., Lampung, I., Pendidikan, J., & Islam, A. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Lestari, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kobela Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sekolah Dasar.
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) (Prof. Dr. Sugiyono, Ed.; 25th ed.). ALFABETA,cv.
Pujianto B. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Atletik.
Y Asrijanty, Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.