PENGEMBANGAN MEDIA PON-PIN BAHASA INDONESIA BAGI PEMBELAJARAN SINONIM DAN ANTONIM DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Konteks penelitian yang mendorong yaitu permasalahan peserta didik masih bingung perbedaan materi sinonim dan antonim dan pembelajaran guru belum menggunakan media. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana pengembangan media Pon-Pin bahasa Indonesia bagi pembelajaran sinonim dan antonim di sekolah dasar?, 2. Bagaimana Kelayakan media Pon-Pin Bahasa Indonesia bagi pembelajaran sinonim dan antonim di sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana media Pon-Pin dan kelayakan media . Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development (R&D) ADDIE yaitu subjek penelitian ini yaitu peserta didik dan guru kelas V SD Negeri Tobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, koesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pengembangan media Pon-Pin Bahasa Indonesia bagi pembeljaran sinonim dan antonim pada kelas V di Sd Negeri Tobo Kabupaten Blora sudah dilaksanakan dengan baik, namun belum maksimal dalam proses hasil validasi dari ahli media memeproleh nilai rata-rata 95% dan ahli materi sebelum direvisi 80% sehingga sesudah direvisi 98%. kelayakan prosuk media Pon-Pin memperoleh 96% dan hasil angket respon peserta didik memperoleh 98% yang dikategorikan sangat layak digunakan. Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan yaitu saat mengajar guru harus menggunakan media pembelajaran sebab saat menggunakan media pembelajaran dapat menarik semangat peserta didik.
Kata Kunci: Pon-Pin, sinonim antonim, Bahasa Indonesia
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kristiningrum. 2020. Pengembangan Media X-Box Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah dasar tentang Perkalian. Jurnal Didaktita Pendidikan Dasar.
Yusuf, Y., Setyorini, R., Rachmawati,R., Sabar, Tyaningsih, R. Y., Nuramila. 2020. Call Foe Book Tema 3 (Media Pembelajaran). Surabaya: Jakad Media Publishing
Dea Monika, Siti Quratul Ain, Fitriana Yolanda. 2023. Pengemabangan Media Pembelajaran Pon-Pin Pada Mata Pelajaran Matematika Pengurangan Kelas 1 SDN 115 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Feri Ardiansah., Duah Rina Miftakhi. 2020. Pengembangan Buku Ajar Dengan Model ADDIE Pada Mata KUliah Managemen Teknologi Pendidikan.
Rengganis, A., Haruna, N. H., Sari, A. C., Sitopu, J. W., Brata, D. P., Kasta, G. 2022. Penelitian dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Saputro, B. 2021. Best Practicies Penelitian Pengembangan (Research&Development) Bidang Manajemen pendidikan IPA. Lamongan: Acamedia Publication
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19649
Refbacks
- There are currently no refbacks.