Keefektifan Model Project Based Learning pada Materi Perubahan Wujud Benda terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Kersana 04 Kabupaten Brebes
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang antusias ketika pembelajaran karena kurangnya variasi model pembelajaran sehingga banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar kurang dari KKTP. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah model project based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS materi perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri Kersana 04 Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model project based learning pada materi perubahan wujud benda terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Kersana 04 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kersana 04 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 54 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 27siswa. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil akhir diperoleh nilai Lhitung < Ltabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada hasil ketuntasan klasikal kelas eksperimen dengan persentase posttest 100% dan ketuntasan klasikal kelas kontrol dengan persentase posttest 81%. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Kersana 04 antara pembelajaran yang menggunakan model project based learning dengan pembelajaran yang konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar model project based learning pada materi perubahan wujud benda dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adina, M., Reffiane, F., & Wijayanti, A. 2021. Keefektifan Model PJBL Berbantu Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Muntung Tahun 2021. Majalah Lontar
Azhad, M. S., Saputro, B. A., & Wijayanti, A. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Aspek Kognitif Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research
BPK RI. Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Gulo, A. 2022. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol 1, No. 1.
Hafid, Irnawati. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTSD Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 4, No. 2.
Kemdikbud. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Fase A-C”. Jakarta: BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.
Maulana, Al., Wijayanti, A., Huda, C. 2024. Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Tema 2 Subtema 1 Di SD Negeri 4 Tambahrejo. Jurnal Wawasan Pendidikan.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, Vol. 02, No. 1C.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. 2021. Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Octavia, S.A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Rohana, S. 2020. Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Vol 12, No. 2.
Sadilah, T. G., & Wartulas, S. 2023. Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika. Vol 7. No. 1.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Vol 4, No. 2.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarni, I. 2020. Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 9, No. 1.
Syafrilianto & Lubis, M. A 2020. Micro Teaching di SD/MI Integration 6C (Computation Thinking, Creative, Critical Thinking, Collaboratin, Communication, Compasion. Yogyakarta: Samudra Biru.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. 2021. Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pencapaian hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. 2022. KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education. Vol 8, No. 1.
Windari, P., & Guntur, M. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ipa. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar)
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19664
Refbacks
- There are currently no refbacks.