Pengembangan Media Fun Plant Board Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Aspek Keterampilan Berpikir Kritis Materi struktur Dan Fungsi Tumbuhan Pada Kelas IV SD Lamper Tengah 01 Semarang

Olivia Auliani, Veryliana Purnamasari, Joko Sulianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan serta tahap pengembangan media Fun Plant Board dan hasil uji coba keterbacaan media Fun Plant Board menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) aspek keterampilan berpikir kritis materi struktur dan fungsi tumbuhan pada kelas IV SD Lamper Tengah 01 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Lamper Tengah 01 semarang. Sampel yang diambil sebanyak 28 orang kelas IV menggunakan teknik Nonprobabilily Sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dengan skala Likert dan Guttman serta tes dihitung N-Gain Ternomalisasi. Media Fun Plant Board memperoleh hasil validasi ahli media 98% dan ahli materi 95% termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba keterbacaan media Fun Plant Board menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) aspek keterampilan berpikir kritis hasil uji N-Gain Ternomalisasi hasil pretest postest 0,84 dalam kategori “Tinggi”. Rata-rata persentase dari angket respon guru memperoleh 95% dalam kategori “Sangat Baik” dan rata-rata persentase angket respon peserta didik 98% dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian media Fun Plant Board valid, praktis dan efektif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam proses pembelajaran dan dapat membantu mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas IV

Keywords


Media Fun Plant Board; model Contextual Teaching and Learning (CTL); Aspek keterampilan berpikir kritis; Materi struktur dan fungsi tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 375. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5285

Mulyani, F. , & H. N. (2021). Analisi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IIptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

Pramusinta, Y. (2017). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PEMBELAJARAN INOVATIF IPA MI/SD BERORIENTASI KONSTRUKTIVISTIK (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING).

Rusdi M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Soma Kasih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terintegrasi Model Pembelajaran POEWA dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Vol. 6, Issue 7). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. 14 (1), 61–76. Science and Technology Education, h, 62.

Ulfa, Y. , & S. P. M. (2021). Pengembangan Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan Pendidikan, 3(5), 3131–3144.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.