IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUNGGU
Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Tunggu yang berjalan kurang maksimal dan belum sesuai harapan. Hal tersebut disebabkan karena dimensi gotong royong belum muncul dalam diri peserta didik seperti belum bisa bekerja sama dengan temannya. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi gotong royong tema gaya hidup berkelanjutan pada siswa kelas V SD Negeri Tunggu?. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Tunggu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Tunggu. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, angket siswa kelas V, wawancara guru kelas V, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dalam implementasinya masih ditemukan beberapa siswa yang masih kurang dalam menunjukkan kemampuan bekerja sama terutama pada saat pelaksanaan projek, namun jika dibandingkan dengan semester sebelumnya, pada semester ini sudah terdapat peningkatan pada Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa, khususnya dalam hal ini yaitu nilai-nilai dimensi gotong royong.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Adlini, M. N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 975.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 68.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 139.
Khoridah, N. M. (2024). Penerapan Program P5-PPRA Dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Mendidik dan Membentuk Karakter Siswa Kelas 1 MI Plus Ja-Alhaq. PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 67-76.
Kurniastuti, R. N. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 446.
Nasution, P. A. (2024). Penilaian dan Evaluasi Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutanpada Materi Keseimbangan Ekosistem. Jurnal Pendidikan MIPA, 2.
Rahayu, K. W. (2023). Membangun Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotog Royong Melalui Ajaran Taman Siswa Ngerti, Ngrasa, nglakoni. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 178.
Setiyaningsih, S. W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 3041-3052.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2898.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19744
Refbacks
- There are currently no refbacks.