EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BEEBASIS AR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02 PODO PEKALONGAN

Ifana Nela Ulfa, Eka Sari Setianingsih, Ervina Eka Subekti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model PBL berbantu media pembelajaran berbasis AR terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Podo pekalongan. Pengumpulan data melalui beberapa cara antara lain dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desaign one-group pretest-postest.  Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil belajar pretest dengan rata-rata sebesar 58,5 dan hasil belajar posttest rata-rata yang diperoleh sebesar 74,5, kemudian dilakukan analisis hasil data menggunakan Uji-t yang akan mengungkapkan apakah perlakuan tersebut efektif atau tidak. Dengan thitung sebesar 6,573 dengan db = 27 dan taraf signifikan 5% didapatkan ttabel sebesar 2,052. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada efektivitas yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran PBL berbantu media pembelajaran berbasis AR terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Podo Pekalongan.


Keywords


PBL, Media pembelajaran berbasis AR, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192-202. Diakses 24 November 2022.

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, S., & Khoirunnisa, K. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Bunder III.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.

Risanjani, A., & Kurniawati, R. P. (2023, July). Efektivitas Model PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2, pp. 678-684).

Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine Modeling, Animation, and ame Design.”. Bandung: Penerbit Informatika.

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 492-498.

Saputri, B. A., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Variasi Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 168-173.

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 Desember), 162-175.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 272-280.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129. Diakses 14 Oktober 2022.

Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. Surabaya. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.