PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 4C SDN 1 Karangnanas melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dengan diferensiasi konten, proses, dan produk. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IVC SDN 1 Karangnanas, semester genap, tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan percentages correction dan deskripsi. Validitas data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar peserta didik serta aktivitas guru dan peserta didik meningkat dengan penerapan pendekatan TaRL. Peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan prestasi belajar kelas dari hasil pretest siklus 1 dengan ketuntasan 17% , naik pada siklus 1 dengan ketuntasan 83% kemudian naik lagi pada siklus 2 menjadi ketuntasan 93% . Selanjutnya aktivitas guru siklus 1 sebesar 93,7% menjadi 96,9% pada siklus 2 dan aktivitas peserta didik siklus 1 sebesar 90,6% menjadi 96,9% pada siklus 2.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1-12. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru/article/view/340
Banerji, R., & Chavan, M. (2020). A twenty-year partnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. World Development, 127, 104788. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104788
Fitria, L., dkk. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Learning (TaRL) dengan Model PBL Pada Materi FPB dan KPK Kelas V Di SDN Pekunden. Joyful Learning Journal, 13(1), 27-34. https://journal.unnes.ac.id/journals/jlj/article/view/5931
Ginanto, Dion., dkk. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/505
Hergenhan, B.R., & Olson, Matthew H. (2012). Theories of Learning (Teori Belajar) Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana
Indah, N. L. (2024). Implementasi Teori Kognitif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Syntax Idea, 6(5), 2334-2342. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/3378
Listyaningsih, L, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Mira, M. (2024). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 349-357. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7165
Mustofa, G. (2022). The Teori Contiguity Edwin Ray Guthrie:(Teori Belajar Aliran Behavioristik Contiguous Conditioning dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI di Sekolah). EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 49-66. https://www.journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/download/215/252
Nugraha, Asep Eka. (2021). Peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(1), 12-21. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/25
Nugroho, A. W., dkk. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 1 Pliken, Banyumas. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 349-363. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.1121
Prihandini, D. R., dkk. (2023). Sinergi antara pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam menghadirkan lingkungan belajar inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11-11. https://edu.pubmedia.id/index.php/jtp/article/view/76
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/4426
Putri, H. A., & Siswanto, D. H. (2024). Teaching at The Right Level (TaRL) as an Implementation of New Education Concepts in the Insights of Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 89-100. https://journal.formosapublisher.org/index.php/nurture/article/view/9297
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase, 3(1), 47-59. https://www.neliti.com/publications/374767/pentingnya-menerapkan-teori-belajar-humanistik-dalam-pembelajaran-untuk-meningka
Saputro, Saputro., dkk. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Sari, A, Ramlawati., dkk. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1053-1060. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1207
Sari, Suci Perwita. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 19-24. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/article/view/4554
Simeru, Arden., dkk. (2019). Model – Model Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.
Siswondo, R. & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155/pdf_1
Sudarto, S., dkk. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Google Jamboard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 5/81 Bajoe. Joel: Journal of Educational and Language Research, 3(8), 395-402. https://www.bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/7598
Viranny, S. N. I., & Wardhono, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I UPT SD Negeri Sidorejo 3. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11), 81-90. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/4911
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/77
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19777
Refbacks
- There are currently no refbacks.