IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMA TIGA SUBTEMA SATU PEMBELAJARAN LIMA PADA SISWA KELAS TIGA SDN SEMBUNG 02 KECAMATAN BANYUPUTIH TAHUN AJARAN 2023/2024

Nurul Khafidhoh, Ervina Eka Subekti, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas tiga SDN Sembung 02 tahun 2023/2024. Data yang telah di kumpulkan yaitu  dengan metode wawancara, observasi dan pencatatan & dokumen  kemudian  dianalisis  dengan metode deskrifti kuantitatif dan dmeskripsi kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa metode jigsaw learning dapat meni singkatkan prestasi belajar tema tiga subtema satu pembelajaran lima pada siswa kelas tiga SDN Sembung 02 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Secara kuantitatif tampak dari perolehan nilai Pada pra siklus terdapat 4 siswa yang tuntas dalam pemeblajaran dengan persentase 25% dan 12 siswa yang belum tuntas dengan presentase 75%. Pada prasiklus nilai rata-rat siswa adalah 62,125. Kemudian pada siklus 1 terdapat 8 siswa yang tuntas dalam pemebelajaran presentase 50% dan 8 siswa yang belum tuntas dengan presentase 50%. Untuk nilai rata-rata siswa adalah 68,375. Dan yang terakhir adalah siklus II yang mana terjadi peningktan hasil belajar yang cukup signifikan. Terhadap 14 siswa yang tuntas dalam pemeblajaran dengan presentase 87,5% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan presentase 12,5%. Pada siklus II ini nilai rata-rata siswa adalah 78,125.


Keywords


prestasi belajar, metode jigsaw learning

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfian. Selayang Pandang Sekolah Berwawasan Unggulan. http”//smputama.tripod. com/. diakses tanggal 10 Juni 2010.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1989.

Fitri, Rahimi.2020.Pemrograman Basis Data Menggunakan Mysql.Banjarmasin: Poliban Pres

Isjoni. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta. 2009.

Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2002.

Mardawani.2020.Praktis Penelitian Kulitatif Teori Dasar dan Analisis Datadalam Perspektif Kulitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. 1995.

Patton, M. Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods.Third Edition. California: Sage Publications

Pujianasari,RiaKeefektifan Pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV sdn Gugus Dewi Sartika. Semarang.Unnes 2016

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. 2007.

Silberman, Melvin L. Active Learning; 101 Cara belajar Siswa Aktif. Terj. Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Dan Nusamedia. 2004.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta: 2003.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning Teori , Riset dan Praktik, terj. Lita. Bandung: Nusa Media. 2009.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2005. ________.

Sunarto. Pengertian Prestasi Belajar. http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/ pengertian-prestasi-belajar/. Diakses Tanggal 5 Juni 2010.

Sutrisno, Sa’ad Konaah, Intan Indayati, Jurnal penelitian dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran.Semarang: UPGRIS 2019

Tafsir, Abdul Ghofur. Cooperatif Learning. http://abdulghofurtafsir.blogspot.com, diakses tanggal 16 Mei 2010.

Tirtonegoro, Sutratinah. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara. 1984.

Trianto.(2009) Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: PrenadaMedia Grup

Zainudin. Pedoman Dan Materi Pendidikan DanLatihan Profesi Guru. Malang: UIN Malang. 2009




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v4i2.19778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.