ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI JEPARA KULON 04

Arya Saputra, Muhammad Arief Budiman, Suyitno Suyitno

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan menulis menggunakan metode picture and picture. Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik pada tingkat SD masih mengalami kesulitan dalam menulis menggunakan Bahasa Inggris. Ini disebabkan oleh kurangnya kosakata mereka dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitiaan ini adalah 1) untuk menganalisis kemampuan menulis anak dengan metode picture and picture pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 ( What are you doing? ) Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. 2) Untuk Menganalisis faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis anak dengan metode picture and picture picture pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 ( What are you doing? ) Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini bahwa proses kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris dengan menggunakan metode picture and picture berjalan dengan baik dimana siswa menunjukan antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran. Hasil menulis dengan menggunakan metode picture and picture sangat baik karena memiliki rata-rata 84 yang termasuk dalam kriteria baik. Faktor pendukung dalam metode ini adalah kemauan dan motivasi siswa karena siswa cenderung lebih aktif terlibat dalam proses menulis. Sedangkan faktor penghambat dalam metode ini adalah pemilihan gambar yang relevan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengeksplorasi penggunaan jenis gambar dan media visual untuk menentukan jenis gambar yang paling efektif untuk merangsang kreativitas dan ketrampilan menulis siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Picture and Picture, Bahasa Inggris

References


DAFTAR PUSTAKA

Alifvia, D. A., Budiman, M. A., & Huda, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 182-195.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 1-5.

Budiman, M. A., Untari, M. F. A., Murywantobroto, M., Listyarini, I., & Wahyuni, S. (2023). Contextual Learning Strategies in English Subjects at Bilingual Primary School Muhammadiyah 1 Purwodadi. E-Structural (English Studies on Translation, Culture, Literature, and Linguistics), 6(02), 170-182.

Bogdan, Robert C. and Taylors K.B. 1992. Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and Metdods. Boston: Ally and Bacon Inc.

Fadillah, R. P., Budiman, M. A., & Kartinsh, K. (2023). Analisis kesulitan penguasaan kosakata pada mata pelajaran bahasa inggris kelas iv sd islam salafiyah margomulyo. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 130-138.

Fitriana, S. A., & Budiman, M. A. (2022). Keefektifan media powtoon terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas IV SD negeri 2 Nalumsari kabupaten Jepara. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1805-1817.

Fitriawan, M. D., & Budiman, M. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Bahasa Inggris di SD Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2020/2021. JURNAL ARYA SATYA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).

Fitriyana, A., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2023). Implementasi pendidikan karakter gemar membaca dalam mata pelajaran bahasa inggris di kelas iv sd negeri rejosari 03. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 689-700.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

HARDIANSYAH, A., LISTRYARINI, I., & BUDIMAN, M. A. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas Iv Sd Negeri Kadilangu 1 Demak. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 355-363.

Hayyati, N., Wulan, N. S., & Fajrussalam, H. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(2), 653-663.

Ibda, F. (2018). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904. Indra Sukmawati, N. ., Dantes, N., & Dibia, I. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Maimbar PGSD Undiksha, 7(3), 198–206.

Kalifah, F., & Budiman, M. A. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Mi Nurul Amanah Kabupaten Grobogan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1702-1708.

Kamayana, I. G. N. P., & Dewi, P. C. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Simple Past Tense Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 5).

Khotimah, N. F., Atharina, F. P., & Budiman, M. A. (2023). Penggunaan Media Educandy Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sd Negeri 6 Boja. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 156-166.

Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10-17 Komaruddin, 2001. Ensiklopedia Manajemen, Edisi ke 5, Jakarta, Bumi Aksara.

Larassanti, A., Budiman, M. A., & Damayani, A. (2022). Pengaruh Proses Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Kelas IV SD N 3 Banjarsari. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 19-27.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Munandar, Utami. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta:PT Gramedia. hlm.17.

Nisah, A. (2020). Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Penggunaan Media Film Bisu (Silent Film) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).

Prasasti, T. I., & Dewi, R. C. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture And Picture pada Siswa Kelas II SD Plus MIP Marelan. Jurnal Armada Pendidikan, 1(2), 54-60.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Ratini, R., Budiman, M. A., & Basyar, M. A. K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn 03 Purwosari. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 120-129.

Ristiyanto, G., Budiman, M. A., & Priyanto, W. (2023). Pengembangan Media Roda Literasi (Rossi) Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas III. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(2), 577-586.

Riziqsiwi, F. F., Budiman, M. A., & Reffiane, F. (2021). Analisis Keterkaitan Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Dengan Kurikulum Tematik Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Kota Tegal. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 283-291.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Saidah, A., Budiman, M. A., & Wijayanti, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 140-149.

Saputri, A. I. G., Budiman, M. A., & Azizah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran scramble words pada mata pelajaran bahasa inggris kelas iv a sd islam darul huda semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 43-53.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-DasarKemampuan Menulis. Bandung:Angkasa. hlm. 14. Semiawan, Conny R. (1983) Memupuk Bakat dan Minat Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia. hlm. 3.

Sriantini, N. P. A., Bayu, G. W., & Margunayasa, I. G. (2021). Dampak Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 83-92

Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sucandra, S., Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71-80.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sulaiman, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tentang Interactions Between Teachers And Students Inside And Outside The Classroom That Can Foster Behaviour di Kelas Xi Ea. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(3), 123.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. Suprijono, A. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316-325

Uma sekeran, 1994. Research Methods for Bussiness, Southern Illinois University at Carbonde.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.