ANALISIS KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL KELAS IV SD NEGERI TELUK 1 DEMAK

Anita Firdaus, Ikha Listyarini, Arfilia Wijayanti

Abstract


Anita Firdaus. NPM 17120396. Analisis kecanduan game online terhadap perilaku sosial siswa kelas iv SD Negeri Teluk 1 Demak. Pogram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.

Game online yang mudah diakses semua orang menjadikan anak juga ikut menikmati adanya perkembangan game online. Anak setiap harinya bermain game online baik sendiri maupun bersama-sama dengan temannya. Salah satu dampak akibat adanya game online adalah anak akab ketaghan atau kecanduan dalam bermain game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis game online terhadap perilaku sosial anak.

Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Teluk 1 Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan game online pada siswa kelas IV di SDN Teluk 1 Demak anak bermain game setiap hari. Hasil klasifikasi diperolah ada siswa dengan kecanduan rendah, sedang, dan tinggi. Dampak game online terhadap perilaku sosial diperoleh informasi bahwa subjek dengan kecanduan tinggi menyebabkan peralaku sosial terutama hubungan dengan orang lain kurang baik. Selain itu anak menjadi suka lalai tidak dapat mengontrol waktu akibatnya sering melangar aturan tata tertib yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diberikan bahwa guru dan orang tua harus bekerja sama untuk mengontrol anak dalam bermain game sehingga dampak perilaku sosial yang negative dapat diminimalisir.

 

 


Keywords


game online, perilaku sosial ; interaksi sosial.

References


Amin, S., Azis, F., & Umakamea, F. (2022). Perilaku Sosial Penggiat Game Higgs Domino Di KotaMakassar (Dalam Tinjauan Post Modern). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(3), 140. https://doi.org/10.20527/pn.v4i3.6247

Ananda, A., Usman Saputra, M., & Karmawan, K. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FINTECH PADA ERA DIGITALISASI DI KOTA PANGKALPINANG. IJAB Indonesian Journal of Accounting and Business, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.33019/ijab.v4i2.44

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gurbuz, S. C., & Celik, M. (2022). Serious games in future skills development: A systematic review of the design approaches. Computer Applications in Engineering Education, 30(5), 1591–1612. https://doi.org/10.1002/cae.22557

Hadiansyah, F., Dinullah, A., & Sarwandianto, A. (2023). Perancangan Aplikasi Kuis Pendidikan Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah SMK Negeri 4 Kota Bekasi. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 3(01). https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i01.8435

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Marzuki. (2019). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.

Maulana, A. (2022). PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA. Inter Comunity, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.1016/B978-012370624-9/50005-0

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Mullatifa, S. R. (2023). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi. Jurnal Of Education, 6(1), 4957–4966. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3654

Mulyasa, H. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Pinasti, A., & Khourunnisa, R. N. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Kecenderungan Kecanduan Game Online Selama Pandemi Covid-19 pada Remaja di Kota Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 125–133.

Vanesya, S., & Fikry, Z. (2023). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Slot dengan Prokrastinasi Akademik pada Remaja di Kota Padang Panjang. Journal On Education, 05(04), 14501–14509.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v5i1.20052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.