Pengembangan Mobile Learning Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII

Nurul Sabila, Agung Handayanto, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran penggunaan media pembelajaran menggunakan Mobile Learning berbasis Discovery Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, mengembangkan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Discovery Learning yang valid untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII. Jenis Penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum di uji cobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli materi dan tanggapan siswa berkriteria baik, yaitu untuk ahli materi 76,67%, ahli media 85,08%, dan tanggapan siswa 87,16 %. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan analisis akhir dari n-gain secara keseluruhan untuk kelas eksperimen adalah 0,67. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang diperoleh H0 diterima, artinya varians- variansnya sama. Untuk pengujian hipotesis penelitian digunakan uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, 6,244 > 1,671, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan media pembelajaran menggunakan Mobile Learning berbasis Discovery Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Keywords


Pengembangan; Android; Mobile Learning; Discovery Learning; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142.

Ariati, L, Budiyono, B., & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran PBL, Jigsaw dan STAD Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. JMEE, 6(2), 106-119.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian . Surakarta: UNS Press.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fitriyah, I. (2014). Metakognisi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(3), 120-124.

Hamdani. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79-88.

Mehdipour, Y. & Zerehkafi, H. (2013). Mobile Learning for Education Benefit and Challenges. International Journal of Computation Engineering Research, 3(6), 93-101.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot