Profil Multipel Representasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Multiple Intelligence dalam Memahami Konsep Bangun Ruang Sisi Datar dengan Teknologi Wolfram Alpha
Abstract
Multiple representasi memiliki perananan penting pada perkembangan peserta didik terutama dalam mempelajari konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multipel representasi matematis siswa dengan kecerdasan logis-matematik, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan naturalistic dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar menggunakan teknologi wolfram alpha. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket multiple intelligence, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX A SMPN 1 Jaken. Subjek penelitian yaitu 6 siswa terdiri dari 2 siswa Kecerdasan Logis-Matematik, 2 siswa kecerdasan visual-spasial, dan 2 siswa kecerdasan naturalistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek logis-matematika belum menunjukkan menggunakan indikator representasi visual. (2) subjek visual-spacial mampu menggunakan indikator represesntasi (3) subjek kecerdasan naturalistik belum menunjukkan menggunakan representasi visual dan verbal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angell, C., O. Guttersrud, & EK. Henriksen. (2007). Multiple Representations As A Framework for A Modelling Approach to Physics Education. Norway: Department of Physics, University of Oslo.
Gardner, H. (1983). Frames Of Mind (The Theory Of Multiple Intellegences). New York: Basicbooks.
Jasmine, J. (2012). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.
Jayantika, I. G. A. N. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, 2(1).
Jones, B.F., & Knuth, R.A. (1991). What does research ay about mathematics? [online]. Available: http://www.ncrl.org/sdrs/areas/stw_esys/2math.html.
Indria, A. (2020). Multiple Intellegence. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 3(1).
Kesti, W.R. (2011). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Penggunaan Metode Proyek. Tidak Diterbitkan.
Khairunnisa. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII VIII MTs S Islamiyah Urung Pane. Skripsi. UIN Sumatera Utara.
Kuswahyudi, K. (2017). Profil Kebugaran Jasmani Anggota Klub Petanque Fio. Unj. In Prosiding Seminar dan Lokakarya Fakultas Ilmu Keolahragaan, 2(1), 21-24.
Laamena, C. M. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Multiple Intelligence untuk Menumbuhkan Nilai Karakter. Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013, 2(1), 226-232.
Martinus, S. (2008). Kamus Kata Serapan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mudzakir, H.S. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Disertasi. UPI Bandung.
Nata, A. (2010). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. New York: Crown Business Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.