Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extravert dan Introvert

Nur Hidayatun Naimah, Dina Prasetyowati, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA berkepribadian extravert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Cepiring semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling melalui angket Eysenck Personality Questionnaire-Revised (EPQ-R) short scale. Pengambilan subjek sebanyak empat siswa, terdiri dari dua siswa berkepribadian extravert dan dua siswa berkepribadian introvert. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis tes dan wawancara pada penelitian ini mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa berkepribadian extravert hanya mampu memenuhi indikator merepresentasikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan, namun belum mampu memenuhi indikator menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah menggunakan ide-ide matematis dan menggambarkan hubungan-hubungan situasi permasalahan melalui representasi matematis dan menarik kesimpulan, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa berkepribadian introvert mampu memenuhi semua indikator, diantaranya merepresentasikan ide-ide matematis melalui tulisan dan lisan, menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah menggunakan ide-ide matematis secara tulisan dan lisan, dan menggambarkan hubungan-hubungan situasi permasalahan melalui representasi matematis dan menarik kesimpulan.


Keywords


Analisis; Kemampuan Komunikasi Matematis; EPQ-R short scale; Extravert; Introvert

Full Text:

PDF

References


Almiro, P. A., Moura, O., & Simões, M. R. (2016). Psychometric properties of the European Portuguese version of the Eysenck personality questionnaire—Revised (EPQ-R). Personality and Individual Differences, 88, 88-93.

Ansari, Bansu I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNA

Eysenck, H.J. (1964). Manual of The Eysenck Personality Inventory. London: Hodder And Stoughton

Eysenck, S. B., Eysenck, H. J., & Barrett, P. (1985). A Revised Version of The Psychoticism Scale. Personality and Individual Differences, 6(1), 21-29.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Edisi Khusus (1), 76-89.

Francis, L. J., Brown, L. B., & Philipchalk, R. (1992). The development of an abbreviated form of the Revised Eysenck Personality Questionnaire (EPQR-A): Its use among students in England, Canada, the USA and Australia. Personality and individual differences, 13(4), 443-449.

Habibi, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP yang Berkepribadian Extrovert dan Introvert pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 4(1), 61-71.

Kaldor, P., Francis, L. J., & Fisher, J. W. (2002). Personality and Spirituality: Christian Prayer and Eastern Meditation Are Not The Same. Pastoral Psychology, 50(3), 165-172.

Kartinah, K., Prasetyowati, D., Sutrisno, S., & Haryan, E. (2018). Analysis of Mathematical Communication Ability of Junior High School Students in Learning using Three-Dimensional Teaching Materials. International Journal of Innovative Science and Modern Engineering (IJISME), 5(9): 7-11.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.

Melya, L. & Supriadi, N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 337-345.

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 35-42.

Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau dari Tipe Kepribadian. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111-118.

Qomariah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Kepribadian Extrovert dan Introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.

Shafira, R., Suanto, E., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 401-410.

Sinay, E. & Nahornick, A. (2016). Teaching and Learning Mathematics Research Series I: Effective Instructional Strategies. Canada: Toronto District School Board.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestoyarno, P. Y. & Rochmad, K. (2020). Evaluation of Mathematic Communication Ability in the Environment Blended Learning in Algebra. In International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 126-131.

Supriyati, A. & Yunianta, T. N. H. (2020). Profil Penalaran Adaptif Siswa SMP dengan Tipe Kepribadian Introvert dalam Pemecahan Masalah Matematika. Satya Widya, 36(2), 116-124.

Sutrisno, S., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2018). Efektivitas Buku Ajar Matematika SMP Berbasis 3-D untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(1), 8-13.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Widayanti, L. (2016). Deskripsi Level Kemampuan Siswa SMP dengan Tipe Kepribadian Cenderung Introvert dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Edukasi, 2(1), 83-94.

Zuniana, E. R., & Rahaju, E. B. (2019). Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa, 8(2), 342-349.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.