Problematika Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Pembelajaran Blended di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis problematika yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran blended di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjar dengan subjek penelitian guru matematika dan siswa kelas IX. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik puposive sampling. Pada penelitian ini akan digunakan instrumen berupa angket dan lembar wawancara untuk pengambilan data penelitian. Berdasarkan hasil analisis angket dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa, problematika yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran matematika pada pembelajaran blended di masa pandemi COVID-19 yaitu pembelajaran blended belum mampu membuat siswa dapat belajar secara mandiri, guru masih perlu usaha untuk membimbing dan membangkitkan semangat siswa secara dalam agar aktif dalam mengikuti pembelajaran, hanya mampu memahami materi sekitar 50-75% dan sebagian besar siswa lebih memilih pembelajaran tatap muka penuh. Melalui pembelajaran blended, siswa merasa kurang semangat mengikuti pembelajaran matematika disekolah dan berpendapat bahwa kurang efektif dilaksanakan dalam pembelajaran matematika serta menjadi tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran blended, siswa dapat meminta bantuan siapapun saat pembelajaran online dirumah untuk mengerjakan tugas matematika yang diberikan guru dan tidak berani bertanya langsung kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu masih banyak problematika yang dialami siswa dan guru dalam pembelajaran matematika pada pembeljaran blended di masa pandemi COVID-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borba, M. C., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidis, G., Llinares, S., & Aguilar, M. S. (2016). Blended Learning, E-learning and Mobile Learning in Mathematics Education. ZDM, 48(5), 589-610.
Daryanto. (2021). Blended Learning (WA Group dan Kunjungan Siswa) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri 3 Kalibagor. Proceedings Series on Sosial Sciences & Humanities, 1, 94.
Dwiyogo, D. (2018). Pembelajaran berbasis Blended Learning. Depok : Rajawali Pers.
Fitri, S & Zahari, C.L. (2019). The Implementation of blended learning to improve understanding of mathematics. Journal of Physics : Conf. Series 1188.
Hussin, A.A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. Internasional Journal of Education & Literacy Studies, 6(3), 92-98.
Roshonah, A.F, Sutihat, Adi. (2020). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Salinan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-2019 tanggal 8 April 2021.
Shivam, R., & Singh, S. (2015). Implementation of Blended Learning in Classroom: a Review Paper. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(11), 369-372.
Supandi, Widya Kusamaningsih, dan Lilik Aryanto. (2016). Keefektifan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1),64-65.
Wijaya, I.M.K., Suweken, G., Mertasari, N.M.S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMPN 38 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol 1, 10-20.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.10254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.