Profil Kemampuan Spasial Siswa MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender

Ulya Safira, Farida Nursyahidah, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Kemampuan Spasial Siswa MTs Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Penelitian ini dilakukan di MTs. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas IX MTs tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 siswa yaitu 2 kemampuan matematika tinggi (1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin), 2 kemampuan matematika sedang (1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin), 2 kemampuan matematika rendah (1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah angket (kuesioner), tes tertulis, wawancara.  Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan Keabsahan Data yaitu menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa dalam kelas IX yang saya lakukan penelitian di sekolah MTs ASSAKINAH kemampuan spasial feminim dengan kemampuan matematika tingkat tinggi berhasil menjawab semua soal dengan benar yaitu 5 soal. Untuk kemampuan spasial maskulin dengan kemampuan matematika tinggi berhasil menjawab 4 dari 5 soal dengan benar. Untuk kemampuan spasial feminim dengan kemampuan matematika sedang berhasil menjawab 4 dari 5 soal dengan benar tetapi tidak sempurna. Untuk kemampuan spasial maskulin dengan kemampuan matematika sedang siswa hanya mampu mengerjakan 2 dari 5 soal dengan benar. Untuk kemampuan spasial feminim dengan kemampuan matematika rendah siswa mampu menyelesaikan 3 dari 5 soal dengan benar. Dan terakhir untuk kemampuan spasial maskulin dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu menyelesaikan 2 dari 5 soal dengan benar.

Keywords


Kemampuan Spasial; Perbedaan Gender; MTs

Full Text:

PDF

References


Aini, R. N., Murtianto, Y. H., & Prasetyowati, D. (2019). Profil Kemampuan Spasial Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif pada Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 90–96.

Alghadari, F. (2000). Pemecahan Masalah Spasial Matematis Calon Guru Matematika Ditinjau dari Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(3), 226–234.

Ardiani, R., & Azizah, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kecemasan Siswa Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 2021, 1, 1–13.

Azustiani, H. (2017). Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 1(1), 293–298.

Bosnyak, A., & Kondor, R. N. (2008). The Spatial Ability and Spatial Geometrical Knowledge of University Students Majored in Mathematics. Acta Didactica Universitatis Comenianae. Mathematics, 8, 1–25.

Cheng, Y. L. & Mix, K. S. (2014). Spatial Training Improves Children’s Mathematics Ability. Journal of Cognition and Development, 15(1), 2–11.

Gilligan, K. A., Flouri, E., & Farran, E. K. (2017). The Contribution Of Spatial Ability To Mathematics Achievement in Middle Childhood. Journal of Experimental Child Psychology, 163, 107–125.

Imamuddin, M., & Isnaniah. (2017). Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Humanisma Journal of Gender Studies, 1(2), 38-47.

Khotimah, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri dengan Teori Van Hiele. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 978–979.

Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’S Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembeljaran Matematika, 3(4), 370–382.

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realiastik Indonesia dengan Media Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 37–48.

Subroto, T. (2012). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 252–259.

Tambunan, S. M. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Makara Human Behavior Studies in Asia, 10(1), 27-32.

Unal, H., Jakubowski, E., & Corey, D. (2009). Differences in Learning Geometry Among High and Low Spatial Ability Pre-Service Mathematics Teachers. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(8), 997–1012.

Yuliati, F. A., Murtianto, Y. H., & Nursyahidah, F. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Spasial dan Kemampuan Logis Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 418–427.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.