Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gender

Rifa'ul Hasanah, Noviana Dini Rahmawati, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Bumiayu Bumiayu yang terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data masing-masing dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh (1) subjek laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. (2) Subjek laki-laki dengan kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. (3) Subjek laki-laki dengan kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. (4) Subjek perempuan dengan kemampuan matematika tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. (5) Subjek perempuan dengan kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. (6) Subjek perempuan dengan kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali.


Keywords


Analisis Kesalahan; Soal Cerita Matematika; Gender

Full Text:

PDF

References


Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah : Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 3. Jakarta: Bumi aksara.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogja,11(1), 1-8.

Davita, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Huda, S., Suherman, Komarudin, Syazali, M., & Umam, R. (2020, February). The Effectiveness of Al-Qurun Teaching Model (ATM) Viewed from Gender Differences : The Impact on Mathematical Problem-Solving Ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, P. 012001). IOP Publishing., 1-8.

Kurniasi, E. R. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Prima, 5(11), 1-17.

Lanya, H. (2016). Pemahaman Konsep Perbandingan Siswa SMP Berkemampuan Matematika Rendah. Sigma, 2(1), 19-22.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nepal, B. (2016). Impact of Gender and Location on Mathematical Thingking and Mathematics Achievement. Journal of Advanced Academic Research, 3(3), 11-21.

Raharjanti, M., Nusantara, T., & Mulyati, S. (2016). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 312-319.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1-10.

Zhu, Z. (2007). Gender differences in mathematical problem solving Patterns : A review of literature. International Education Journal, 8(2), 187-203.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.10855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.