Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal cerita yang ditinjau dari gaya kognitif sistematis dan gaya kognitif intuitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah 2 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Comal yang terpilih melalui pengisian tes CSI (Cognitive Style Inventory) yang masing-masing memiliki gaya kognitif sistematis dan gaya kognitif intuitif. Selanjutnya subjek diberikan tes kemampuan penalaran matematis yang terdiri dari soal cerita berbentuk uraian sesuai dengan indikator kemampuan penalaran matematis dan dilanjutkan dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif sistematis mampu melakukan manipulasi matematis, menarik kesimpulan, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, dan memberikan kesahihan suatu argumen. Siswa dengan gaya kognitif intuitif mampu melakukan manipulasi matematis, menarik kesimpulan, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, dan memberikan kesahihan suatu argumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu, N. S., & Rakhmawati, F. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita di Kelas VIII MTs Negeri Bandar T.A. 2017/2018. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VIII(1), 82–95.
Eridani, A. K. P., & Wijayanti, P. (2019). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Ditinjau dari Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 8(3), 543–549.
Fitriyah. (2017). Penalaran Proporsional Siswa dalam Menyelesaikan masalah Perbandingan Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif Sistematis-Intuitif Kelas VIIIC di SMP Negeri 8 Surabaya. In Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Hastuti, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mathematical Habits of Mine (MHM) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Martin, L. P. (1998). The Cognitive-Style Inventory. The Pfeiffer Library, 8(1), 1–18. http://home.snu.edu/~jsmith/library/body/v08.pdf
Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: Reston, VA.
Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–206. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp193-206
Rohana. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105–199. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76
Sagiv, L., Arieli, S., Goldenberg, J., & Goldscmidt, A. (2009). Structure and freedom in creativity: The interplay between externally imposed structure and personal cognitive style. Journal of Organizational Behavior, 1086–1110. https://doi.org/10.1002/job
Sholihat, N. A. N., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Penghargaan Diri dan Penalaran Matematis Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 299–304. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p299-304
Suyitno, H. (2018). Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Tanzani, M. A. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa SMP Negeri 3 Banyumas. AlphaMath: Journal Of Mathematics Education, 3(2), 14–26.
Tuowa, K. (2019). Profil Penalaran Matematis Siswa pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Di Tinjau dari Gaya Kognitif. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 221–228.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Widayanti, M., Jumiah, Y., & Ijuddin, R. (2020). Penalaran Proporsional Siswa SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.10949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.