Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi SPLTV Ditinjau dari Adversity Quotient

Dewi Widya Astuti, Muhammad Saifuddin Zuhri, Dewi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis berpikir kritis siswa dari gaya berpikir adversity quotient dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLTV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah tiga siswa kelas X SMA NU 05 Brangsong yang mewakili kategori siswa dari adversity quotient tipe climber, tipe camper, dan tipe quitter. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain soal tes untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang telah disesuaikan dengan indikator berpikir kritis dan non tes berupa angket Adversity Quotient (AQ). Analisis dikembangkan berdasarkan indicator berpikir kritis menurut Facione dengan memperhatikan AQ yang dimiliki siswa. Adapun indicator berpikir kritis menurut Facione antara lain: (1) Interpretasi, (2) Analisis, (3) Evaluasi, (4) Inferensi, (5) Eksplanasi, (6) Self-Regulation. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan AQ tipe climber mampu memenuhi semua indicator berpikir kritis, subjek dengan AQ tipe camper hanya mampu memenuhi beberapa indicator berpikir kritis, dan subjek dengan AQ tipe quitter tidak mampu memenuhi semua indicator berpikir kritis.


Keywords


Berpikir Kritis; Adversity Quotient; SPLTV

Full Text:

PDF

References


Amanah, L. N. (2017). Pengaruh adversity quotient (aq) dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55.

Arini, W & Fikri, J. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatra Selatan”. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 10 (1), 1-15.

Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3): 745-758.

Depdiknas. (2016). Permendiknas No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/ MA/ SMK/ MAK. Jakarta:Depdiknas.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, Universitas Muhammadiyah Surakarta: 12 Maret 2016, Hal. 580-590

Hayudiyani., Muchamad, A., & Medika, R. (2017). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari keterampilan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 20-27.

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa smp. Jurnal Elemen, 5(2), 242.

Indira, T., Somakim., & Ely, S. (2017). Keterampilan berpikir kritis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61-75.

Jumaisyaroh, T. dkk.(2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano: vol 5 (2). pp 157-169.

K-Chao Yu, K-Kyi Lin, S-Chun Fan. (2014). An Exploratory Study on Application of Conceptual Knowledge and Critical Thinking to Technological Issues. International Journal Technol.Des.Edu.

Lestari, D.D., Irwandi, A & Bhakti, K. 2017. “Penerapan Model PBM untuk Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1 (1), 46-54.

Mira Azizah, dkk, Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013, Jurnal penelitian pendidikan, Vol 35, No 1, 2018, hal 65

Pardjono & Wardaya. 2009. “Peningkatan Kemampuan Analisis, Sintesis, dan Evaluasi melalui Pembelajaran Problem Solving”. Cakrawala Pendidikan, 1 (2), 260-264.

Priyadi, R., Amin, M., Mohammad, Z.T & Setot, K. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 6 (1), 53-55.

Rahman, N.A. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal of Educational Research and Evaluation, 1 (2), 133-138.

Selviana, Rahman, A., & Makbul, M. (2016). Keterampilan berpikir kritis siswa smk dalam menyelesaikan masalah kombinatorika dan peluang. Seminar PPGSM - 3TUM 2016, 529- 535.

Shanti, W.N., Dyahsih Alin Sholihah dan Adhetia Martyanti, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing, Literasi, 2017, 8(1): 49-59.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quetient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (1 ed.). (T.Hermaya, Penerj.) Jakarta: Gramedia

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learnin. Jurnal Edumatica Volume 02 pp 45-57.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.10978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.