Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis

Indah Permatahati, Noviana Dini Rahmawati, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi teorema pythagoras di tinjau dari kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa SMPN 14 Semarang kelas IX-F diantaranya satu siswa berkemampuan berpikir kritis tinggi, satu siswa berkemampuan berpikir kritis sedang, dan satu siswa berkemampuan berpikir kritis rendah. Teknik analisis dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian di peroleh (1) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi semua tahapan polya seperti memahami masalah (Understanding the problem), memikirkan rencana (Devising a plan), melaksanakan rencana (Carrying out the plan), dan memeriksa kembali jawaban (Looking back). (2) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya mampu memenuhi beberapa tahapan polya seperti memahami masalah (Understanding the problem), memikirkan rencana (Devising a plan), sedangkan pada melaksanakan rencana (Carrying out the plan) kurang memenuhi dan memeriksa kembali jawaban (Looking back) tidak memenuhi. (3) Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah memenuhi satu tahapan polya seperti memahami masalah (Understanding the problem) kemudian untuk tahap kedua yaitu memikirkan rencana (Devising a plan) tidak memenuhi sedangkan pada melaksanakan rencana (Carrying out the plan) kurang memenuhi, dan memeriksa kembali jawaban (Looking back) tidak memenuhi.


Keywords


Analisis Kesalahan; Kemampuan Berpikir Kritis; Tahapan Polya

Full Text:

PDF

References


Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179-186.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Komarudin. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam , 8(1), 202-217.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175-179.

Pane, S. N., Indra, J., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. AXIOM, 7(1), 97-109.

Permendiknas No 22. (2006). Standar Isi Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP.

Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.

Prayitno, A. (2018). Characteristics of Students' Critical Thinking In Solving Mathematics Problem. The Online Jurnal of New Horizons in Education, 8(1), 46-55.

Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam enyelesaikan Soal Higher Order Thingking ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1).

Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho. (2020). Analisis Kemmapuan Pemecahan Masalah Soal Pythagoras Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Suska Journal of Mathematics Education, 101-110.

Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 433-442.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 483-496.

Said, A. M., & Lukmana, D. A. (2020). Mathematical Critical Thinking Abilities of Middle School Students in Tidore Based on Gender and Background. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(2), 81-88.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli), 106-113.

Yadrika, G., Amelia, S., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras Dan Lingkaran. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 195-212.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.10996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.