Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Abstract
Penelitian ini didorong oleh persepsi di kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, bahwa rendahnya hasil belajar siswa terlihat pada rapor matematika siswa yang beragam dan beberapa siswa tidak tuntas. Pengajar tidak memperhatikan kebeagaman kemampuan siswa, sehingga siswa membutuhkan pemahaman terhadap pembelajaran yang diberikan. Rumusan masalah dalam tinjauan ini adalah “Apakah model pembelajaran Aptitiude Treatment Interaction (ATI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat” Tinjauan ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari modelpembelajaran Aptitiude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Hipotesis dalam tinjauan ini adalah “model pembelajaran (ATI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat”. Eksplorasi semacam ini diuji dengan rencana pengujian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam tinjauan ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Pengambilan sampel ditentukan secara acak terpilih siswa dari kelas IX.5 rombel 9 sebagai kelas eksperimen dan siswa dari kelas IX.4 rombel 7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Efek samping dari penyelidikan uji terakhir menggunakan uji-t dan pemrograman SPSS. Berdasarkan hasil pemeriksaan informasi diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel = 1,70, diperoleh biaya thitung > ttableyaitu > 1,70 dan uji pemrograman SPSS 0,003 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matetika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyafah, Abas. 2019. “MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6(1):19–32. doi: 10.17509/t.v6i1.20569.
Dazrullisa. 2016. “MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION ( ATI ) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI.” Matematika Jurnal 3:12–21.
Devi Ariyanti, Isnaniah, Jasmenti. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis.” Journal for Research in Mathematics Learning) P 2(2):111–17.
Eryani, Nur Hariza zain; Ika Candra Syaketi; Rita. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Lisenia.” Jurnal Basicedu 5(3):1683–88.
Falakhudin, Fahmi Arif, Agung Handayanto, ajnd Nurina Happy. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dan NHT Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1(5):164–71. doi: 10.26877/imajiner.v1i5.4463.
Febrina Lya Kartika Sari, Suharto, Didik Sugeng Pambudi. 2014. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII A SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 GLENMORE TAHUN PELAJARAN 2013/2014.” Pancaran.
Hadi, Imam Anas. 2017. “Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Belajar.” Jurnal Inspirasi 1(1):71–92.
Inda, Arny Hada. 2017. “Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri.” Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2017 M-109 751–58.
M. Imamuddin, Rusdi, Isnaniah, Mia Audina. 2019. “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR.” Al-Khawarizmi 3(5):55.
Mas Eva, Lin, and Hikmah Nurul. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika.” Jurnal Gantang 3(2):153–60. doi: 10.31629/jg.v3i2.478.
Nuraini, Ovy, Chusnal Ainy, and Endang Suprapti. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa Pada Materi Luas Permukaan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya.” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 1(1):86. doi: 10.30651/must.v1i1.100.
Putri, Lisa Deska, Deswalantri, and Fitri Haida. 2020. “Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Putra SMP.” Journal for Research in Mathematics Learning 3(1):13–20.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Motologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syafruddin Nurdin. 2019. Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetesni. Ciputat: PT. Ciputat Press.
Thomas, Armstrong. 2013. Kecerdasan Multipel Di Dalam Kelas Edisi Ketiga, Terdiri Multiple Intelligences in the Classroom Third Editior Oleh Dyah Widya Prabaningrum. Jakarta: PT. Indeks.
Wirahmad, Ika Ika, and Zainal Arifin. 2020. “Implementasi, Implementasi Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Untuk Meninggkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri Ruang Kelas XII.IPA.1 SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020.” Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ) 2(1):46–56. doi: 10.33627/gg.v2i1.308.
Yenti, Fepryna. 2020. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Fepryna Yenti.” Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah III(1):62–75.
Zakia, Muhammad Ghulaman. 2017. “Sistem Pengelompokan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan (3):201–7. doi: 10.17977/um025v1i32017p201.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.11307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.