Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Sedang
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif siswa pada kemandirian belajar sedang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Islam Sudirman Banyubiru tahun ajaran 2020/2021, dengan subjek penelitian kelas VIII A yang terdiri dari enam orang. Untuk dapat mengetahui tingkat berpikir kreatif pada siswa maka dilakukkan dengan pemberian tes yang mencakup empat indikator berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran),flexibility (kelenturan), orisinility (keaslian), dan elaboration (keterincian). Terdapat dua tahap dalam penelitian ini yaitu: pemberian angket kemandirian belajar dan pemberian soal tes berpikir kreatif matematis. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dengan tes wawancara menunjukkan bahwa: satu siswa dengan kemandirian belajar tingkat sedang menempati kategori kreatif, dimana siswa hanya dapat memenuhi dua indikator berpikir kreatif dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (Jpmi), 1045-1054.
Al-Kreimeen, R. A. (2014). The Relationship Between Individual Creativity And Self-Regulation From Grade Nine Students Viewpoints In Jordan. Ipedr, 85-90.
Jalou, M. (2015). The Relationship Between Goal Orientation, Self-Regulation Learning Strategies And Creativity In High School Students Of Tehran City. Jurnal Ump Social And Technology Management, 276-283.
Karamihalev, S. (2013). Why Creativity Is Sexy: A Review Of The Evidence Of Sexual Selection For Creative Abilities In Human. Journal Of European Psychology Student, 75 - 86.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga , Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 441-451.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Uniska), 13-23.
Siswono, T. Y. (2006). Desain Tugas Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Pancaran Pendidikan, 495-506.
Sriraman, B. (2004). The Characteristics Of Mathematical Creativity. The Mathematics Educator, 19 - 34.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 29-39.
Sun, Z. (2018). The Role Of Self-Regulated Learning In Students' Success In flipped Undergraduate Math Courses. Elsevier, 41 - 53.
Syibli, M. A. (2018). Profil Kemandirian Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gantang, 47-53.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.11383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.