Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Berbantu Aplikasi Google Meet terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 1 Juwana
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet terhadap prestasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi kelas X SMA Negeri 1 Juwana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Juwana. Melalui teknik simple random sampling terpilih sampel yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dengan prestasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet; (2) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet belum tuntas KKM; (3) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekayani, N. L. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Pendidikan Universitas Ganesha. Retrieved October 9, 2021
Gaol, D. K., & Sirait, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, Vol. 2, No. 2, Mei 2014, 30-39. Retrieved October 9, 2021
Jones, M. A. (2003). The use and abuse of Powerpoint in Teaching and Learning in the Life Sciences: A Personal Overview. Bioscience Education, Volume 2, 2003(1). Retrieved October 9, 2021
Juniartini, N. M., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 9, No 2, 133-141. Retrieved October 9, 2021
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, Vol 5, No 2, 2017: 289-293, 5, 289-293. Retrieved October 8, 2021
Sugihartono, Fathiyah, K. N., Setiawati, F. A., Harahap, F., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, DIY, Indonesia: UNY Press. Retrieved October 8, 2021
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.11511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.