Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Berbantu Aplikasi Google Meet terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 1 Juwana

Ismawati Ismawati, Muhammad Prayito, Dhian Endahwuri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet terhadap prestasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi kelas X SMA Negeri 1 Juwana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Juwana. Melalui teknik simple random sampling terpilih sampel yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dengan prestasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet; (2) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet belum tuntas KKM; (3) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran.


Keywords


Pengaruh; Media Pembelajaran; Powerpoint; Google Meet; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayani, N. L. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Pendidikan Universitas Ganesha. Retrieved October 9, 2021

Gaol, D. K., & Sirait, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, Vol. 2, No. 2, Mei 2014, 30-39. Retrieved October 9, 2021

Jones, M. A. (2003). The use and abuse of Powerpoint in Teaching and Learning in the Life Sciences: A Personal Overview. Bioscience Education, Volume 2, 2003(1). Retrieved October 9, 2021

Juniartini, N. M., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 9, No 2, 133-141. Retrieved October 9, 2021

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, Vol 5, No 2, 2017: 289-293, 5, 289-293. Retrieved October 8, 2021

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Setiawati, F. A., Harahap, F., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, DIY, Indonesia: UNY Press. Retrieved October 8, 2021

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.11511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.