KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Dewi Sesanti Qauliyah, Nizaruddin Nizaruddin, Ali Shodiqin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menentukan efektifitas model problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mranggen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuntitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan Model problem based learning berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik hal tersebut ditunjukkan dengan; (1) nilai rata-rata peserta didik yang mendapatkan perlakuan model problem based learning berbasis etnomatematika mencapai kriteria ketuntasan minimal secara individu dan klasikal (2) kemampuan litrasi matematika setelah peserta didik mendapatkan perlakuan model problem based learning berbasis etnomatematika sebagian besar mengalami kenaikan dengan kriteria sedang dan tinggi  berdasarkan N-gain (3) ditunjukkan bahwa N-gain kemampuan litrasi matematika pada kelas yang mendapatkan perlakuan problem based learning berbasis etnomatematika lebih baik dari kelas yang mendapatkan perlakuan problem based learning.

Keywords


Literasi Matematika; PBL; Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Baldi, S., Jin, Y. & Skemer, M. (2007). Highlights From PISA 2006: Performance of U. S. 15-Year-Old Students in Science and Mathematics Literacy in an International Context. USA. NCES.

Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. (Disertasi). Bandung. Univeritas Pendidikan Indonesia.

Fitriono, Y., Rochmad, Wardono. “Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa Pisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa”. 4 (1). Semarang: UJMER

Fleischman, H. L., Hopstock, P. J., Pelczar, M. P. & Shelley, B. E. 2010. Highlights from PISA 2009: Performance of U. S. 15-Year-Old Students in Reading, Mathematics, and Science Literacy in an International Context. USA. NCES.

Istianduri, A., Wardono & Mulyono. “PBL Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen Pisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika”. 3 (2). Semarang: UJMER

Kaselin, K., Sukestiyarno & Waluya, B. 2013. “Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika”. 2 (2). Semarang: UJMER

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing.

OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Vol. 1). PISA, OECD Publishing. of E-learning and face-to-face discussion. Springer Science Business DOI 10. 1007/s10639-014-9315-y.

Ojose, B. 2011. “Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learni Into Everyday Use?”. 4 (1). Journal of Mathematics Education

Rizka, S., Mastur, Z. & Rochmad. 2014. “Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika”. 3 (2). Semarang: UJMER

Sarjiyo. 2005. “Pembelajaran Berbasis Budaya Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi”. 6 (2). Jurnal Pendidikan

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaenuri & Dwidayati, N. 2018. “Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya”.. 1 (1). Prisma




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.11532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.