Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda.Subjek pada penelitian ini yaitu 291 siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala dan tes. Teknik analisis instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah model rasch melalui software Winsteps dan analisis regresi linier berganda menggunakan software IBM SPSS Statistics 23. Hasil analisis model rasch dari ketiga instrumen menunjukkan bahwa ketiganya instrumen yang baik dan sesuai dengan syarat model rasch. Dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; and (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223–234. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286
Agustin, P. T. F., & Hartanto, S. (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 92–98. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1782
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). The Mathematical Problem-Solving Ability of Junior High School Students Based on Their Mathematical Resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1469. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012152
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2020). Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151–157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Galovich, S., & Schoenfeld, A. H. (1989). Mathematical Problem Solving. The American Mathematical Monthly, 96(1), 68–71. https://doi.org/10.2307/2323271
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(2), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
Kurnia, K., Dedyerianto, D., Inah, E. N., & Patih, T. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah. Kulidawa, 1(1), 51. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1813
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Mawardi, A. (2019). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Survei Pada SMP Swasta di Kabupaten Bekasi). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 171–178.
Murni, V., Dewi, R., Jehadus, E., & Sugiarti, L. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Resiliensi Matematis Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1147–1158. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.546
Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249
OECD. (2013). PISA 2012 Results: Ready to Learn (Volume III). In Pisa: Vol. III. http://www.oecd-ilibrary.org/%5Cnjsessionid=17l2ta26dj337.x-oecd-live-02content/book/9789264201170-en
OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf
OECD. (2019). Programme for international Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. OECD, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Suryani, & Hendriyadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenada Media. https://books.google.com/books/about/Metode_Riset_Kuantitatif_Teori_dan_Aplik.html?hl=id&id=YHA-DwAAQBAJ
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159–1168. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.547
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.12268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.