PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Awaliyah Rinowati, Farida Nursyahidah, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Salah satu kemampuan matematis yang penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya merupakan siswa kelas VIII SMP Negerti 6 Blora tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari enam siswa, meliputi dua siswa yang memiliki gaya belajar visual, dua siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, dua siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan gaya belajar visual mampu memahami kemampuan koneksi matematis dalam aspek representasi konsep, mengkoneksikan materi dengan ilmu lain selain matematika dengan mengkoneksikannya melalui tabel, koneksi dengan keahidupan sehari-hari. 2) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memahami kemampuan koneksi matematis siswa dengan dalam aspek representasi konsep, mengoneksikan materi dengan materi lain selain matematika, koneksi dengan kehidupan sehari-hari. 3) siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memahami kemampuan koneksi matematis dalam aspek representasi konsep, hubungan antar konsep dalam matematika, mengkoneksikan matematika ddengan materi selain matematika, dan menghubungkan dengan kehidupan sehar-hari.


Keywords


Koneksi Matematis ; Gaya Belajar; Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


(NCTM), N. C. (2000). Principles and Standards Schools Mathematics. Reston: VA: NCTM

Ariffin, I., Solemon, B., Din, M. M., & Anwar, R. M. (2014). Learning Style And Course Performance: An Emperical Study Of Uniten IT Students. . International Journal of Asian Social Science, 4(2), 208-216.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menegah. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (n.d.). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 51-58.

Ramlah, R., Bennu, S., & Paloloang. (2017). Analisis Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 182-194.

Supriyadi, E. W., suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, 8(1), 128-136.

Wawan, Thalib , A., & Djam'an, N. (2017). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Issues in Mathematic Education, 101-106.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.