Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together Dengan Berbantuan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar

Fristania Alfrida Destyaningrum, Supandi Supandi, Muhamad Saifudin Zuhri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kurang aktif serta siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran karena kurang termotivasi dan kurang adanya minat belajar yang terlihat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan posttest di kelas XI SMA N 1 Karangtengah. Teknik Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. dengan sampel mengambil tiga kelas secara random yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media macromedia flash, model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran konvensional, 2) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together berbantuan media macromedia flash lebih efektif dari model pembelajaran konvensional, 3) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan macromedia flash dan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar sama baiknya, 4) terdapat ketuntansan secara klasikan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan macromedia flash dan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan macromedia flash, 5) Dengan model pembelajaran yang berbantuaan macromedia flash siswa akan merasa lebih senang dengan suasana belajar yang berbeda sehingga siswa akan lebih berminat untuk menerima materi yang diajarkan.


Keywords


Problem Based Learning; Numbered Head Together; Macromedia Flash; Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Aktas, G.S., & Unlu, M. (2013). Critical thinking skill of teacher candidates of elementary mathematics. Procedia-social and behavioral sciences, 93, 831- 835

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_____________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Lemma, 3(2), 1-10.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung

BSNP. 2014. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Daniar. 2008. Presentase aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. (PDF Online). Perpustakaan UPI. Bandung

Damiyanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam (Materi latihan terintegrasi). Proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kerja kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haydon, T. Maheady, L & Hunter, W . 2010. Effects of Numbered Heads Together on the Daily Quiz Scores and One-Task Behavior of Students with Disabilities. Journal Behavior Education. Vol 19: 222-237

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hariyanto dan Warsono. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayati, R. 2017. Kefektifan setting TPS dalam pendekatam Discovery Learning dan Problem Based Learning pada pembelajaran materi lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1)., 78-86.

Kauchak, Don dan Eggen Paul. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir.

Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT.Grasindo.

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta :Bumi Aksara.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmono, Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Bogor : Ghalia Indonesia, 2012)

Russefendi, E.T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Shoimin, A. (2014). 68. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2005.Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Perkasa.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Retnoningsih. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

SY, N., Corebima, A. D., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara BAdak. Jurnal Pendidikan. 1(10), 1993-1998

Tany, Y.S dan Utami, T. H. (2013). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Katolik Fraten Celaket 21 Malang.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utama, N. P. 2012. Penggunaan macromedia flash 8 pada pembelajaran dimensi tiga. Jurnal pendidikan matematika. 1 (1): 51-59.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode PTK untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.