Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Confidence Kategori Tinggi

Khoirunnisa khoirunnisa, Farida Nursyahidah, Nurina Happy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMK Negeri 11 Semarang dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari self confidence. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu hal penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang yang terdiri dari tiga siswa, satu siswa dengan self confidence tinggi, satu siswa dengan self confidence sedang, satu siswa dengan self confidence rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self confidence tinggi memiliki kemampuan berpikir yang sangat baik, siswa dengan self confidence sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang cukup baik dan siswa dengan self confidence rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang baik.

Keywords


Analisis; Kemampuan Berpikir Kritis ; Self Confidence.

Full Text:

PDF PDF

References


Ameliah,I. H. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas vii mts negeri 1 kota cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1).

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa smk dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197–222. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara self-confidence terhadap matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37

Ennis, R. H. (2011). Critical thinking. Pretince-Hall Inc.

Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Leonard,& Amanah, N. (2014). Pengaruh adversity quotient ( AQ ) dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Persepektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Pendidikan Matematika, 8(1), 58–66




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.