Profil Kemampuan Multi Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy

Erni Fitriyah, M. Saifuddin Zuhri, Lilik Ariyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan multi representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal terbuka matematika ditinjau dari self-efficacy. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP N 3 Kandangserang tahun ajaran 2021/2022, dengan subjek penelitian 9 siswa di kelas 9. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan kategori self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang dan self-efficacy rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket skala self-efficacy, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data mengunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan multi representasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi mampu menyajikan solusi dengan representasi verbal, simbolik, dan visual. Siswa dengan kategori self-efficacy sedang mampu menyajikan solusi dengan representasi persamaan dan verbal, sedangkan siswa yang memiliki self-efficacy rendah hanya dapat memenuliskan interprestasi dari suatu representasi yaitu representasi visual namun tidak memenuhi representasi simbolik dan verbal.


Keywords


Kemampuan Multi Representasi; Soal Terbuka; Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1997). Self Eficfacy (The Exercise of Control). New York: W H. Freeman and Company.

Darmastini, D. P., & Rosyidi, A. H. (2014). Multi Representasi Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(3), 56-63.

Dewanto, S. P. (2008). Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan Variabel Nonkognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 2(2), 123-133.

Kemendikbud. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006.

Mahardiyanti, Taurinda. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SDN Bader 0l Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan (02), 46.

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematik Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. E-Journal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 8(1), 65.

Sternberg, R. J. (2006). Cognitive Psychology. Fourth Edition. Yale University.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.