Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika

Nur Sukma Kusumaning Arum, M. Saifuddin Zuhri, Muhammad Prayito

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya kognitif dan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Triangulasi metode dilakukan dengan membandingkan data hasil pengamatan (tes tertulis dan MFFT (Matching Familiar Figure Test)) dengan data hasil wawancara dan hasil tersebut akan dianalisis berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan gaya kognitif impulsif berkemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu interpretasi & analisis, siswa dengan gaya kognitif impulsif berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, strategi, inferensi dan evaluasi, siswa dengan gaya kognitif reflektif berkemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis yaitu analisis, siswa dengan gaya kognitif reflektif berkemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi ketiga indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, strategi, dan inferensi, siswa dengan gaya kognitif reflektif berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, strategi, inferensi dan evaluasi, siswa dengan gaya kognitif impulsif berkemampuan matematika sedang, peneliti tidak menemukan siswa yang tergolong ke dalam gaya kognitif impulsif berkemampuan matematika sedang dalam penelitian ini.


Keywords


Berpikir Kritis; Gaya Kognitif; kemampuan Matematika

Full Text:

PDF PDF

References


Anike Putri, “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar”, Jurnal, Print ISSN: 2614-6754, Online ISSN: 2614-3097, Vol 2, No 4, 2018, hal.797

Ely susanti, 2014 pendidikan matematika realistik berbantuan komputer untuk meningkatkan higher-order thinking skills dan mathematical habits of mind siswa smp universitas pendidikan indonesia; repository.upi.edu

Eny Sulistiani dan Masrukan, Pentingnya Berpikir Ktitis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA, (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016), hal. 609

Indahwati, V., dan Mulya, I.C. 2017. “Memberdayakan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Torso Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif”. Proccedding Biologi Education Conference. Vol. 14, No. 1, Halm. 598- 603.

Mira Azizah, dkk, Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013, Jurnal penelitian pendidikan, Vol 35, No 1, 2018, hal 65

Nadia Dwi Rochika. 2017. Analisis Berpikir Kritis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pelajaran Biologi melalui Model Means Ends Analysis (MEA) Menggunakan Media Visual. p-ISSN:2528-5742. Proceeding Biology Education Conference Volume 14, Nomor 1 Halaman 562 - 566

Nisak, Lailatun, “.Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Semantik, Figural, dan Simbolik pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas XI IPA di MAN Nglawak Kertosono Nganjuk, (Surabaya: Skripsi 2013).

Nur Fitri Amalia. 2020. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal Ika : Ikatan Alumni Pgsd Unars P-ISSN : 2338-3860 Vol. 8 No. 1, Juni 2020

Prayito, Muhammad.2020. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa SMK dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif dan Hasil Belajar. ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 2, No. 1, Januari 2020, Hal. 41-50

Prayito, Muhammad.2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif. ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 4, No. 2, Maret 2022, Hal. 121-12

Ratna Purwati, dkk, Analisis Kemampuan Berpikir...,hal. 91

Shofwan Hendryawan, dkk, Analisis Kemamapuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Green’s Motivasional Strategis, Jurnal, e-ISSN 2579-7646, Vol 8, No 2, November 2017, hal. 55

Sudia, Muhammad. (2013). Profil Metakognisi Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Bangun Datar ditinjau dari Perbedaan Gender. (Disertasi) tidak dipublikasikan, PPS-Unesa, Surabaya

Tanti Anggiasari,dkk,”Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II”, Jurnal,Vol.7, No.2, Oktober 2018, hal.185

Warli. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Ref!ektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Zuhri, M. Saifuddin. 2022. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 4, No. 3, Mei 2022, Hal. 268-275

Zuhri, M. Saifuddin. 2022. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 2, No. 5, September 2020, Hal. 391-400




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.