EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK KELAS X
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa SMK kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Posttest Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Rundom Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Texmaco Semarang, sedangkan sampel penelitian ini adalah tiga kelas dengan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Think Pair and Share serta kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis varians satu jalan dengan sel tak sama, uji t satu pihak, uji t dua pihak, uji ketuntasan belajar dan uji korelasi . Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu Prezi, model TPS berbantu Prezi dan model pembelajaran Konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu Prezi lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran Konvensional; (3) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbantu Prezi lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran Konvensional; (4) Hasil belajar menggunakan model PBL dan TPS sama baiknya ; (5) Pembelajaran PBL dan TPS mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal; (6) Terdapat korelasi antara persepsi siswa menggunakan model PBL berbantu Prezi dan model TPS berbantu Prezi dengan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair and Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ramli. 2017. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4(1):35. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866.
Ariyanto, Lilik, and Lilik Santoso. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Mathematical Problem Posing Siswa Smk Kelas Xi.” JIPMat 2(1):27–35. doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1478.
Diarsa, I. Nyoman. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas TB 3 SMK Negeri 1 Kubu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan 7(4):106–20.
Hulu, Indragiri. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(3):12–20.
Jannah, R., A. Saputro, and S. Yamtinah. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Disertai Buku Saku Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Minyak Bumi Kelas X Sma Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret 2(4):19–23.
Khairunnisa, Gusti Firda, and Yuli Ismi Nahdiyah Ilmi. 2020. “Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Tadris Matematika 3(2):131–40. doi: 10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.
Khodijah, Dwinda Nur, Menza Hendri, and Darmanji. 2016. “Menurut Taniredja , Dkk ( 2013 ) Partisipasi Siswa Adalah Penyertaan Mental Dan Emosi Siswa Dalam Situasi Kelompok Yang Mendorong Siswa Untuk Mengembangkan Daya Pikir Dan Perasaan Siswa Bagi Tercapainya Prestasi Belajar Yang Memuaskan .” Jurnal EduFisika 01(02):46–54.
Kormania, Ms. 2017. “Metode Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora 3(1):61–70.
Lasmanah, Aan. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-a Smpn Sukasari Sumedang”.” Jurnal Analisa 2(3):18. doi: 10.15575/ja.v2i3.1221.
Luh, Ni, and Putu Ekayani. 2021. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (March):1–16.
Rerung, Nensy, Iriwi L. .. Sinon, and Sri Wahyu Widyaningsih. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6(1):47–55. doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.
Sholihah, Dyahsih Alin, and Ali Mahmudi. 2015. “Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2):175–85. doi: 10.21831/jrpm.v2i2.7332.
Sintawati, Mukti, and Fitri Indriani. 2019. “Pentingnya Literasi ICT Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(2):417–22.
Subagio, Lilik, Ida Karnasih, and Irvan Irvan. 2021. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Berbantuan Geogebra.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 6(2):15–26.
Sulistyawati, Anita, Wardono, and Kartono. 2018. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika.” Prisma 1(1):853–59.
Supardi, Supardi. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI TIA SMKN 2 BOGOR.” Jurnal Pendidikan Guru 3(1):22–29.
Surani, Surani, and Dina Ampera. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Pada Mata Pelajaran Membuat Pola Di Smk Awal Karya Pembangunan Galang.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 19(1). doi: 10.24114/jptk.v19i1.7150.
Suryani, Erna. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 4(2). doi: 10.33394/jk.v4i2.1122.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.