Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Permasalahan SPLTV ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Azmi Nurazizah, Lilik Ariyanto, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan materi SPLTV ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Jenis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semesteri genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Gubug yang dengan menggunakan teknik purposive sampling terpilih 2 siswa bergaya kognitif FD dan 2 siswa bergaya kognitif FI. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah tes gaya kognitif GEFT (Group Embedded Figures Test), tes kemampuan representasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan representasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan representasi siswa yang dimiliki subjek dengan gaya kognitif FD dalam menyelesaikan soal SPLTV yaitu hanya representasi visual, 2) kemampuan representasi siswa yang dimiliki subjek dengan gaya kognitif FI dalam menyelesaikan soal SPLTV memenuhi semua indikator yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal.


Keywords


Analisis; Representasi Matematis; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 63-69.

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., ... & Robinson, B. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5.

Apriani, C. M. (2016). Analisis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Arifin. S., A. Rahman, & Asdar, (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis. 3(1):20-29.

Basir, M. A. (2015). Kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106-114.

Cardo A.P., D., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–42.

Dewi, S. P., & , Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.

Handayani, B. S., Purnomo, D., & Ariyanto, L. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 520–526. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8085

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85.

Idharwati, T., & Utami, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent. 1, 34–42.

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan langkah polya siswa kelas vii smp. Prisma, 6(1), 9-16.

Ningtiyas, H. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. MATHE Dunesa, 9(3).

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran di SD. Modul Matematika SD Program, viii + 85.

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72-87.

Sekarsari, P., Zuhri, M. S., & Ariyanto, L. (2021). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv.

Tyas, W. H., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(8).

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.12663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot