Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sassi Maulidya Rahma, Muhammad Saifuddin Zuhri, Muhammad Prayito

Abstract


Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitattif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dan penyebabnya dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Subjek penelitian ini diambil dari 31 siswa kelas VIII D SMP N 2 Bumijawa, diantaranya adalah 1 siswa laki-laki dan perempuan dengan hasil belajar tinggi, 1 siswa laki-laki dan perempuan dengan hasil belajar sedang, 1 siswa laki-laki dan perempuan dengan hasil belajar rendah. Teknik pengumpulan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa sebagai berikut (1) Siswa laki-laki dengan hasil belajar tinggi melakukan kesalahan transformasi masalah, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menjelaskan transformasi soal kedalam kalimat matematika dan permisalan dari soal, (2) Siswa perempuan dengan hasil belajar tinggi melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir, penyebabnya adalah siswa kurang tepat dalam membuat kesimpulan, (3) Siswa laki-laki dengan hasil belajar sedang melakukan kesalahan transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menjelaskan permisalan dari soal, melakukan kesalahan menghitung sehingga jawaban akhir yang salah,(4) Siswa perempuan dengan hasil belajar sedang melakukan kesalahan transformasi masalah, penyebabnya adalah siswa tidak mampu menjelaskan permisalan dari soal, (5) Siswa laki-laki dengan hasil belajar rendah melakukan kesalahan transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, penyebabnya adalah siswa salah dalam melakukan transformasi informasi, salah dalam proses perhitungan sehingga jawaban akhir salah, (6) Siswa perempuan dengan hasil belajar rendah melakukan kesalahan transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, penyebabnya adalah siswa salah dalam menuliskan transformasi masalah, kesalahan perhitungan sehingga jawaban akhir salah.

Keywords


Analisis; Newman Error Analysis; Jenis Kelamin; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alkhoiri, M. H., Zuhri, M. S., & Muhtarom, M. (2022). Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan SPLDV pada Peserta Didik SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 150-155.

Astuti, Y., Muhtarom, M., & Prayito, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Psendidikan Matematika, 4(2), 121-129.

Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Mtsn 4 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 74–77.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Febriani, S., Pebrianti, L. D., & Fahminingsih, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kajen. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 227-232).

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64.

Huljannah, M., & Sugita, G. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Aksioma, 4(2), 164-176.

Junaedi, I., Suyitno, A., Sugiharti, E., & Eng, C. K. (2015). Disclosure Causes of Students Error in Resolving Discrete Mathematics Problems Based on NEA as A Means of Enhancing Creativity. International Journal of Education, 7(4), 31.

Khaidir, C., & Rahmi, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas X. 2 SMAN 1 Salimpaung Berdasarkan Metode Kesalahan Newman. Proceeding Iain Batusangkar, 1(2), 103-110.

Lestari, E. P., & Fiangga, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Jenis Kelamin Ditinjau dari Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 4(2).

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726.

Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Pangestu, K. D. J., Zuhri, M. S., & Sugiyanti, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3), 206-214.

Prihatini, S. A., & Susilo, D. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spltv berdasarkan tahapan newman. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.

Priyanto, A., & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017, June). Error analysis of students working about word problem of linear program with NEA procedure. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 855, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.

Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Kesalahan Umum Pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi: Aplikasi Newman Error Analysis. Natural Science Education Research, 2(2), 159-166.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Yazidah, N. I. (2017). Analisis kesalahan menyelesaikan soal pembuktian geometri Euclid ditinjau dari gender pada mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 71-80.

Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi kesalahan siswa menggunakan Newman’s Error Analysis (KBBINEA) pada pemecahan masalah operasi hitung bentuk aljabar. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.12723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.