Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Google Classroom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika menggunakan pembelajaran berbasis Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes nilai Ujian Akhir Semester Satu yaitu 1 siswa dengan Klasifikasi tingkat kemampuan tinggi, 1 siswa dengan tingkat kemmpuan sedang, dan 1 siswa dengan tingkat kemmpuan rendah kelas X MIPA SMA Negeri 2 Pemalang. Selanjutnya siswa dikenai tes kecerdasan berpikir kritis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes berpikir kritis dan hasil wawancara diperoleh : 1) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis Tinggi, dari hasil analisis data menggunakan triangulasi metode yang sudah dibahas peneliti, bahwa subjek dengan kemampuan tingkat tinggi hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok mulai dari indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus hingga indikator ke-6 dengan kriteria berfikir Overview. 2) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis sedang hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok mulai dari indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus hingga indikator ke-4 dengan kriteria berfikir Situation. Sedangkan untuk indikator ke 5 dan indikator ke-6 hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti tidak sesuai atau tidak cocok. 3) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis rendah bahwa subjek dengan kemampuan tingkat Rendah, hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok pada indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus, indikator ke-2 dengan kriteria berfikir Reason dan indikator ke-6 dengan kriteria berfikir Overview. Sedangkan untuk indikator ke-3, indikator ke-4 dan indikator ke-5 hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti tidak sesuai atau tidak cocok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Halim Fathani. 2009. Matematika Hakikat & Logika. Jakarta: Ar-Ruzz.
Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’Perceptions. Prizren Social Science Journal.
Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Bogdan, Robert dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1992).
Burns, M. 2007. About Teaching Msathematics A K-8 Resource (Third Edition). Sausalito: Math Solution Publication.
Denial, M. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan GI terhadap Metakognisi dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa Jurusan Biologi FPMIPA UNM. Disertasi tidak diterbitkan. Program Pasca Sarjana (S3) Universitas Negeri Malang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Fowler, R. 1996. On Critical Linguistics. Dalam Caldas-Coulthard. C.R. & Coulthard, M. (Eds.), Texts and Practices: Reading in Critical Discourse Analysis (hlm. 3-14). London: Routledge.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authenthic Learning. California: Corwin A Sage Company.
Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang.
Isnaeni. 2014. Penerapan Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1: 248-253
Jumaisyaroh, T., Napitupulu,E,E.,& Hasratuddin. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, 5, 2.
Komaruddin. 2001. Ensilopedia Manajemen, Edisi ke 5, Jakarta, Bumi Aksara.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. 6(2): halaman 119-131. https://www.researchgate.net/publication/335301452_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_MATEMATIS_DAN_KEPERCAYAAN_DIRI_SISWA_SMP_MELALUI_PENDEKATAN_OPEN_ENDED (diakses tanggal 11 juni 2020).
Pratama, S. A. Y., Zuhri, M. S., & Nursyahidah, F. (2020). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 339–346. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6482
Prihadi, Singgih. (2017). Penguatan Ketrampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2017, 45-50.
Soedjadi, R. (1995). Memantapkan Matematika Sekolah Sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran (Makalah). Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FPMIPA – IKIP Medan.
Sofyan, Lesta Lestari dan Deddy. 2014. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2): 57-70
Sri Mulyani, (1983), Psikologi Pendidikan. Jakarta: IKIP Jakarta Press.
Sugiyono. (2012). “Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Sri. 2008. Analisis S1 dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Yustanti, Ike & Novita, Dian (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.
Zubaidah, S. (2010). “Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains”. Conference Paper. Universitas Negeri Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.12758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.