Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Erin Herviana, Sudargo Sudargo, F.X. Didik Purwosetiyono

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Weleri sebanyak 32 siswa dengan menggunakan purposive sampling terpilih 2 siswa dengan kemandirian belajar tinggi, 2 siswa dengan kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dengan kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, tes tertulis, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) siswa dengan kemandirian belajar tinggi memunculkan keenam indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, overview. (2) siswa dengan kemandirian belajar sedang memunculkan empat indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation. (3) siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya memunculkan satu indikator berpikir kritis yaitu focus. (4) Berpikir kritis siswa berkemandirian belajar tinggi lebih baik dari siswa berkemandirian belajar sedang dan rendah dengan rata-rata nilai siswa berkemandirian belajar tingi sebesar 99, siswa berkemandirian belajar sedang rata-rata nilai sebesar 85 dan siswa berkemandirian belajar rendah rata-rata nilai sebesar 27.

Keywords


Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul, J., & Siskawati, F. S. (2021). Analisi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika kelas 7 Mts Darul Hidayah. 1989.

Anzora, A. (2017). ANALISIS KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK. JURNAL GANTANG, II(April), 5–24.

Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. 2(1), 15–22.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729

Fatmawati, I., Darmono, P. B., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 196. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.196-201

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769

Johanson, L. (2019). An introduction to critical thinking. Nursing, 49(6), 42–43. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000558090.23346.fb

OECD. (2019). PISA 2018 Results COMBINED EXECUTIVE SUMMARIES. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Puspitawatia, R. J., Luluk, F., & Aini, K. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari kecerdasan logis matematis. 7(3), 16–26.

Raudhah, S., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2019). Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal spltv di sma negeri 3 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–8.

Suharna, H. (2018). Teori berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Deepublish.

Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.883

Wijayanto, T. W., Purwosetiyono, D., Prasetyowati, D. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN WORD PROBLEM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Silogisme.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.12795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.