Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini didasari oleh minimnya penggunan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika oleh guru, sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang memahami materi yang diajarkan. bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantu SAC (Smart Apps Creator), mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbantu SAC dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbantu SAC. Metode penelitian yang digunakan pada motode penelitian pengembanagan R&D (Research and Development) yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang dengan 32 siswa pada ujicoba terbatas dengan menggunakan instrument berupa lembar angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, dan soal pertanyaan sebanyak 4 butir soal. Hasil uji validasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh persentase 100% dan 98,26% yang termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase tanggapan siswa dan guru sebesar 97,99% dan 100% serta berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran 100% yang termasuk kategori “Sangat Baik”. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan media diperoleh hasil analisis dari ketuntasan hasil belajar diperoleh pada kelas eksperimen mencapai KKM adalah 90,63% dan uji t pihak kanan sebesar 1,72 maka dapat disimpulkan bahwa rerata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bnadung: Kriya Pustaka.
Husna Juwita Sani, T. M., Malik, A., & Sefrinando, B. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).
Hasan, B., Wijayanti, R., Matematika, P., Pgri Bangkalan, S., & Timur, J. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Mariani, R., Marzal, J., & Zurweni, Z. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3295–3310. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.815
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nugroho, A. A., & Purwati, H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific. Euclid, 2(1), 174–182. https://doi.org/10.33603/e.v2i1.355
Nur, R., Rochmad, & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185–189.
Oktaviani, I. A., Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 95–107. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897
Romadhoni, Sugiyanto, N. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Kelas Vii Smp Untuk Kegiatan Belajar Siswa Menganalisis Interaksi Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Serta Dampaknya Terhadap Dinamika Populasi Ira. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Ipa Ke-2. http://ipa.fmipa.um.ac.id/
Ruslan Kamariddun, Harisandi, Devi Yanti H, H. H. (2017). Introduction and Training Adobe Flash Dan Camtasia Sebagai Upaya Pembekalan Keterampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Atraktif Menuju Guru Profesional. 50–54.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070
Syahputra, F. K., & Prismana, I. G. L. P. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android 3D Kelas Xi Di Smkn 1 Driyorejo Gresik. 5(2), 763–768.
Yuliyani, D., Utami, R. E., & Prayito, M. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 284–296. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1790
Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Ma Km Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 1. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.1648
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.12847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.