EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Arthur Imantoko Wibowo, Muhtarom Muhtarom, Lukman Harun

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang pentingnya kemampuan numerasi siswa dalam pembelajaran matematika. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan numerasi siswa SMP kelas VII. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan  model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava satu arah, uji pasca anava dengan metode scheffe’, uji regresi linear sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan numerasi siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran Discovery Learning, dan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan numerasi siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan numerasi siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan model pembelajaran Discovery Learning. 4) Terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan numerasi siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pada model pembelajaran Discovery Learning. 5) Kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning mencapai KKM.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Discovery Learning; Kemampuan Numerasi Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah,Ridwan. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru Cetakan ke-3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Assessment to Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research. 7(2): 361-372.

Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian (edisi ke-2). Surakarta: UNS Press.

Chusni, M, dan Edy, S.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK N 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro, vol 3(1),216

Depdiknas. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Depdiknas.

Diah, A.K, Lilik, A., dan Sutrisno. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Agustus ,2017 132 VII

Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Ibrahim.(2017). Perpanduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make - A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol 3 No 2,Juni2017 (hal 202)

Nasution.(2009).Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

OECD. (2009). Learning Mathematics for Life A View Perspective From PISA. Paris: The Organisation for Economic Co-operation and Development Publications.

OECD. (2010). PISA (2012) Mathematics Framework. Paris: The Organisation for Economic Co-operation and Development Publications.

OECD. (2013). PISA (2012) Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Siti, J.F., dan Tabitha, S.H.W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 2, No 1, Februari 2019 (hal 2)

Sembiring,Suwah. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi dan Survei Karakter. Bandung: YRAMA WIDYA

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.13018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.