Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Persamaan Linier Satu Variabel ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IX A SMP PGRI Semarang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi tiga indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi, (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu evaluasi dan inferensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. H. (2013, April). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Matematika, 2.
Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Dewi, I., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2016). Profil Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 1 Weru Melalui Implementasi Modul IPA Menggunakan Model Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, (hal. 185-190). Surakarta.
Farid, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019, Agustus 30). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 99-117.
Febi Dwi Widayanti, S. M. (2013, DESEMBER). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. 2.
Fitriana, A., Marsitin, R., & Ferdiani, R. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Terapan Sains & Teknologi, 1.
Fristadi , R., & Bharata, H. (t.thn.). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning.
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017, November). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4.
Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah. Proceeding Bioligy Education Conference. 13, hal. 118-127. Hulu Sungai Tengah: Madrasah Tsanawiyah Negeri Barabai.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E., & Hasratuddin. (2014, Desember). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 5.
Komariyah, S., & Laili, A. F. (2018, September). Pengaruh Kemampuan Berpikir Krtiis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4, pp. 55-60.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8, 46-55.
Mubarik. (2013, September). Profil Pemecahan Masalah Siswa Auditorial Kelas X SLTA Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01.
Mustafida, F. (2013, Juli-Desember). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kcenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. 6.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Noor, N. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif. Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Nurbaeti. (2015). Hubungan Gaya Belajar dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. E-Jurnal Mitra Sains, 3, 24-33.
OECD. (2010). PISA 2009 results: What Students Know and Can Do - Student Perfomance in Reading, Mathematics, and Science. I.
Rachmat Wasqita, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11, 1501-1513.
Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018, Mei-Oktober). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembelajaran Dengan Model 4K. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (t.thn.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7, 163-177.
Subianto, J. (2013, Agustus). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. 8.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar (hal. 439-444). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sullivan, P. (t.thn.). Teaching Mathematics: using research-informed strategies.
Surya, H. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Switri, E. (2019). Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: Qiara Media.
Ural, E., O, E., & M.A. Kurtulmas. (2015). The Effects of Student's Learning Style Prefences on Their Academic Achievement in Science and Technology Class. The Journal of Academic Social Science Studies, 2, 199-206.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i2.13191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.