Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Abstract
Berpikir kreatif harus dimiliki siswa karena dapat berfungsi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan salah satunya soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil berpikir kreatif berdasarkan ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik siswa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 11 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di SMP N 11 Semarang berdasarkan keabsahan data pada setiap indikator yaitu fluecy, flexibility dan novelity untuk subjek siswa dengan gaya belajar visual , auditorial dan kinestetik tidak ada perbedaan. Subjek sama-sama dapat mengerjakan soal permasalahan yang mengandung berpikir kreatif dengan benar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Mulyono, & Asikin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo. Journal of Mathemtics Education, 5(2).
Deporter, B., & Hernacki, M. (2012). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Ekayana, S. . (2020). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. JEMS, 8(2).
Febriani, S. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas. Mosharafa, 7(1).
Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities. Prisma.
Huljanah, M. (2018). Profil Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(11).
Kemendiknas. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Kozlowski, Joseph, S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that Influence Mathematical Creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1).
Miftaqurohmah, R. (2020). Profil berpikir kreatif dalam penyelesaian masalah matematika melalui model eliciting activity ditinjau gaya kognitif. JP2M, 6(1).
Moleong. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Roesdakarya.
Perwira, P. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Arrus Media.
Qomariyah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ektrovert dan Intrivert. Apotema, 2(1).
Saefudin. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 1(1).
Safaria, S. ., & Sangila, M. . (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’lib, 11(2), 73–90.
Sakti, T. K. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. JPIS, 28(1).
Septiana, D. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Berdasarkan Gaya Belajar Visua. Seminar Nasional Matematika.
Silver. (2012). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. Elektronik Edision.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: prestasi pustaka.
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.13225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.