Peranan Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran tidak serta merta dilaksanakan oleh para guru, karena guru lebih menitikberatkan evaluasi terhadap hasil belajar, padahal jika dilihat pendidikan tidak hanya berorientasi pada hasil tetapi juga proses, oleh karena itu evaluasi hasil dan proses pembelajaran seharusnya dilaksanakan secara seimbang. Tanpa mengadakan evaluasi proses pembelajaran, tidak akan diketahui secara pasti penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan dengan mengutamakan hasil belajar lebih cenderung menyalahkan siswa sekiranya hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari efisiensi, efektivitas, relevansi, dan produktivitasnya. Agar penilaian dapat dilakukan secara objektif, maka diperlukan beberapa sumber data yang meliputi tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah proses pembelajaran. Oleh karena itu jika proses pembelajarannya baik maka diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono (2005) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Safruddin, (2007). Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara Cet. II,
Arifin Zainal, (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Aqib Zainal. 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendikia.
Djemari Mardapi (2004) Penyusunan Tes Hasil Belajar Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Uzer Usman. (2004) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukminan (2003) Strategi kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Ilmu Sosial Seminar Nasional Dalam rangka Dies Natalis UNY Ke 39 tahun 2003.
Mulyasa. E. (2002) Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya
Mulyasa. E. (2005) Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya
Nana Sudjana dan Ibrahim (1989) Penelitian dan Penilaian Pendidikan Bandung: Sinar Baru
Nana Sudjana (1995) Penilaian Hasil Proses Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Saidihardjo (2005) Sistem Penilaian Berdasarkan Kompetensi Seminar dan Loka karya Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Ilmu Sosial UNY
Slameto (2001) Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Soetjipto Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto ( 2003) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Zuhud, D. A. (1995). Faktor-faktor Kondusif dalam Mempersiapkan Silabus dan Materi Proses Belajar Mengajar bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.13678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.