Peranan Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Maria Martha Manao, Agustina C B Sihite, Tutiarny Naibaho, Ruthmayasari Simanjuntak

Abstract


Pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran tidak serta merta dilaksanakan oleh para guru, karena guru lebih menitikberatkan evaluasi terhadap hasil belajar, padahal jika dilihat pendidikan tidak hanya berorientasi pada hasil tetapi juga proses, oleh karena itu evaluasi hasil dan proses pembelajaran seharusnya dilaksanakan secara seimbang. Tanpa mengadakan evaluasi proses pembelajaran, tidak akan diketahui secara pasti penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan dengan mengutamakan hasil belajar lebih cenderung menyalahkan siswa sekiranya hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari efisiensi, efektivitas, relevansi, dan produktivitasnya. Agar penilaian dapat dilakukan secara objektif, maka diperlukan beberapa sumber data yang meliputi tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah proses pembelajaran. Oleh karena itu jika proses pembelajarannya baik maka diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 


Keywords


evaluasi proses pembelajaran; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono (2005) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Safruddin, (2007). Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara Cet. II,

Arifin Zainal, (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Aqib Zainal. 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendikia.

Djemari Mardapi (2004) Penyusunan Tes Hasil Belajar Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Moh. Uzer Usman. (2004) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukminan (2003) Strategi kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Ilmu Sosial Seminar Nasional Dalam rangka Dies Natalis UNY Ke 39 tahun 2003.

Mulyasa. E. (2002) Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya

Mulyasa. E. (2005) Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Nana Sudjana dan Ibrahim (1989) Penelitian dan Penilaian Pendidikan Bandung: Sinar Baru

Nana Sudjana (1995) Penilaian Hasil Proses Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Saidihardjo (2005) Sistem Penilaian Berdasarkan Kompetensi Seminar dan Loka karya Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Ilmu Sosial UNY

Slameto (2001) Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Soetjipto Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto ( 2003) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Zuhud, D. A. (1995). Faktor-faktor Kondusif dalam Mempersiapkan Silabus dan Materi Proses Belajar Mengajar bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.13678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.