Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Trigonometri dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah persamaan trigonometri dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Pemalang tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan terekam dengan baik. Dalam memilih subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah persamaan trigonometri dalam pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan pada subjek dengan kesulitan dalam menyelesaikan masalah tingkat tinggi hanya memenuhi 2 indikator, subjek dengan kesulitan dalam menyelesaikan masalah tingkat sedang memenuhi 2-3 indikator, dan subjek dengan kesulitan dalam menyelesaikan masalah tingkat rendah mampu memenuhi 3-4 indikator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Astuti, & Syakir, A. (2020, April). Tahap Preliminary Research Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Game Pada Materi Persamaan Trigonometri di Kleas XI MIA. Journal On Education, 2(3), 270-274.
Balkist, P. S. (2019, Oktober). Analisis Hambatan Belajar Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42-50.
Cahirati, P. E., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020, Mei). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227-238.
D Fahrudin, Mardiyana, & I Pramudya. (2019). Profile of Students' Errors in Trigonometry Equations. Journal of Physics: Conference Series, 1-8.
Darjiani, N., Meter, I., & Negara, I. A. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 xdi SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Dewi, T. A., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909-1917.
Dewi, W. A. (2020, April). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019, Agustus). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 315-322.
Ekawati, & Saragih, M. J. (2018, Januari). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 53-64.
Fajri, N., & Nida, I. (2019, Desember). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 12-22.
Fakhrul Jamal, S. (2014, Maret-September). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-36.
Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020, April). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1).
Ghufron, M., & Risnawati, R. (2015, Juli-Desember). Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. Elementary, 3(2), 297-311.
Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.
Hasan, B. (2015, Januari). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal APOTEMA, 1(1), 88-98.
Idris, R. (2009, Desember). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan, 12(2), 152-172.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019, Oktober). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri di Lihat dari Learning Obtacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.
Lailli, M.S., Dewi & Adi.W. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika Volume 1 No 2 Tahun 2017
Lestari, D. P., Triyono, & Joharman. (t.thn.). Deskripsi Kesulitan Belajar Pada Operasi Penjumlahan Dengan Teknik Menyimpan Siswa Kelas 1 SD N 3 Panjer Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012.
Lilianti, Adam, Asrul, & Arfin. (2019). Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Psikologi Belajar di SMA Negeri 3 Kendari. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 1-11.
Mahdayani, R. (2016, Juni). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, Dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86-98.
Nellyda. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Smpn 3 Narmada Ditinjau Dari Peta Kognitif. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia) Volume 01, Nomor 01, April 2019: 72 – 84 72 I. ISSN 2620- 8466
Novferma, N. (2016, Mei). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.
Novianti, V., & Riajanto, M. L. (2021, Januari). Analisis Kesulitan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 161-168.
Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018, Juni). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 50 Batam. Cahaya Pendidikan, 4(1), 34-43.
Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017, April). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279-285.
Ramadhani, K. L., & Firmansyah, D. (2021, Maret). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). MAJU, 8(1), 448-453.
Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (t.thn.). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan, (hal. 62-67).
Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020, Juni). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual. Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131-143.
Sholekah, L. M., Anggraeni, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 151-164.
Soleha, Rasiman, & Purwosetiyono, F. D. (2019, September). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMK. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 138-147.
Solehah, N., & Muiz, R. H. (t.thn.). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Bangun Datar. 493-500.
Syahran, S., & Anisa. (2019, Juni). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Alangka Raya. Jurnal Pendidikan, 20(1), 35-50.
Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (hal. 440-446).
Tias, A. A., & Wutsqa, D. U. (2015, Mei). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. (2020, Juni). Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Utari, D. R., Wardana, M. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Wantika, & Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 2(1), 49-57.
Waskitoningtyas, R. S. (2016, September). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-32.
Wati, M. K., & Sujadi, A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(1), 9-16.
Yeni, E. M. (2015, September). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), 1-10.
Siti Nur Janah, R. A. (2021, Maret). Proses Berpikir Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 150-158.
Sulistyo Winoto, N. D. (2022, Juli). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(4), 347-356.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.13802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.