Analisis Kemampuan Penalaran Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Aritmetika Sosial Berbasis Literasi Ditinjau Dari Keaktifan Siswa

Moch. Arif Maulana Akbar, Dina Prasetyowati, Farida Nursyahidah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah dapat terlatih dengan seringnya diberikan soal secara rutin. Selain kemampuan penalaran, pembelajaran matematika  harus mengembangkan kemampuan literasi dalam menyelesaikan persoalan  terutama pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan masalah materi aritmatika sosial berbasis literasi ditinjau dari keaktifan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan berlangsung di lapangan (field research). Subyek penelitian  adalah peserta didik kelas kesembilan SMP Negeri 7 Pemalang tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitan menunjukkan kemampuan penalaran siswa dengan kategori keaktifan belajar sangat baik dapat menguasai 100% indikator penalaran dan menunjukan semua indikator penalaran. Sedangkan kemampuan penalaran siswa dengan kategori keaktifan belajar baik hanya menguasai 28,57% indikator penalaran dan menunjukan semua indikator penalaran. Pada indikator IP2, IP3, IP5,IP6 dan IP7 semua siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dengan baik.


Keywords


Kemampuan Penalaran; Aritmetika Sosial; Literasi; Keaktifan Belajar

Full Text:

PDF

References


Achdiyat dan Lestari. 2016. Prestasi Belajar Metematika Ditinjau dari Kepercayaan

Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Formatif.

Ainemani, B. 2016. Communicating Mathematics Reasoning in Multi Lingual

Classrooms in South Africa Proceedings of the 22nd Annual National Congress of the Association for Mathematics Education of South Africa.

Aisyah, MN., dkk. 2021. Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.7, No.1 (2021).

Amir, A. 2014. Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran

Matematika. Logaritma, 2014 3(1).

Bani, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran

Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran

Penemuan Terbimbing. Tesis Magister pada SPs Universitas Pendidikan

Indonesia Bandung: Tidak Diterbitkan.

Chanisah, dkk. 2019. Hambatan Belajar Siswa Berdasarkan Penalaran Analogi Dalam Materi Aritmatika Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 2019 8(6).

Edimuslim, ES & Mardiyah, A. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education 2019 5(2).

Febrianto, A. 2014. Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Gaya

Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Materi Pembelajaran Pembangunan Ekonomi SMA Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal 2014 2(3).

Hidayat, W. 2017. Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Kusumawardani, DR., dkk. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2018, 1(1).

Moleong, LJ. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursyahidah, F. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear pada Masa Pandemi Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 3, No. 4, Juli 2021.

Nursyahidah, F. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Teori Schoenfeld. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN (Online): 2685-3892 Vol. 4, No. 4, Juli 2022.

Prasetyowati, D. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN (Online) : 2685-3892 Vol. 2, No. 5, September 2020.

Prasetyowati, D. 2020. Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2).

Puspita, MD, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 2, Maret 2020

Putra, A., Hendra S. dan Zulfah. 2018. Validitas Lembar Kerja Peserta

Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan

Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika

Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).

Ramlah, DF, dan Hamzah Z. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi 1(3) September - Nopember 2014.

Rosalia. 2015. Indikator Aktivitas. Surabaya: Usaha Nasional

Rosmawati. SE, dan Dewi M. 2012. ”Kemampuan Pemecahan Masalah

dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving.” Jurnal Pendidikan

Matematika, Part 3, 1(1).

Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Untung, S. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Yogyakarta: Litera.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.14021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.